Rabu 20 Feb 2019 05:19 WIB

Rumah Zakat Bagikan Superqurban di Kampung Gambung

Rata-rata pendapatan masayrakat Kampung Gambung sekitar Rp 20 ribu per hari.

Relawan Rumah Zakat Bandung melaksanakan Ekspedisi Superqurban ke Kampung Gambung Desa Mekarsari Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung.
Foto: rumah zakat
Relawan Rumah Zakat Bandung melaksanakan Ekspedisi Superqurban ke Kampung Gambung Desa Mekarsari Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BANDUNG -- Relawan Rumah Zakat Bandung melaksanakan Ekspedisi Superqurban ke Kampung Gambung Desa Mekarsari Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. Desa Mekarsari merupakan sebuah desa yang terdapat di wilayah dataran tinggi di wilayah administrasi Kecamatan Pasir Jambu.

Luas daerah yang ada di Desa Mekarsari dibagi menjadi 13 rukun warga. Setiap rukun warga yang berada di wilayah Desa Mekarsari memiliki keanekargaman potensi dan sumber dayanya masing.

Baca Juga

Salah satu rukun warga yang ada pada Desa Mekarsari adalah rukun warga 07. Rukun warga 07 atau yang sering disebut dengan RW 07 menjadi salah satu wilayah padat penduduk. 

Kampung ini terletak di selatan Bandung tidak jauh dari daerah Pangalengan. Pukul 07.00 pagi relawan Rumah zakat berkumpul untuk persiapan ekspedisi superqurban menuju kampung Gambung, kab. Bandung.

Kampung ini dipilih sebagai lokasi penyaluran superqurban karena kondisi perekonomian penduduk kampung yang masih lemah, mayoritas mata pencaharian penduduk kampung adalah pemetik teh, pendapatan perhari mereka hanya berkisar Rp 15 ribu - 20 ribu. Sebanyak 15 orang relawan turut serta dalam kegiatan ini untuk menyalurkan kornet dan rendang sapi superqurban sebanyak 350 kaleng.

Selain penyaluran superqurban, relawan juga memberikan penyuluhan tentang makanan sehat dan juga penyuluhan cara mencuci tangan yang baik agar kesehatan tetap terjaga. Saat penyuluhan makanan sehat dilaksanakan, warga antusias mengikutinya dengan menyampaikan pertanyaan dan ikut mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar sebelum menyiapkan makanan.

Selanjutnya, dilakukan penyaluran kornet dan rendang Superqurban untuk warga, warga sangat bahagia dengan pembagian kornet dan rendang superqurban ini. Kegiatan ini dilaksanakan di kantor desa dan dihadiri oleh sekitar 100 orang warga kampung gambung. Acara silaturahim juga dilanjutkan dengan masak daging rendang superqurban dan makan bersama warga kampung gambung.

Daging rendang superqurban dimasak bersama berbagai makanan pelengkap seperti lalapan sayur mayur,tahu, tempe dan sambal khas kampung gambung.

“Alhamdulillah, saya mah jarang makan daging hari ini makan siang bersama relawan Rumah Zakat, Alhamdulillah nikmat daging rendang superqurban hatur nuhun donatur Rumah Zakat," ujar salah satu warga kampung Gambung

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement