Rabu 16 Jan 2019 06:36 WIB

Negarawan yang Mengagumkan Dunia

Dunia ini sangat membutuhkan pemikiran Muhammad.

Rasulullah
Foto:

Sistem hukum yang diajarkan Rasulullah SAW juga mencerminkan bahwa hukum Islam itu syumul (menyeluruh), jalb al-mashalih (mengedepankan kemaslahatan), tadarruj (ada unsur penahapan), dan qilatul taklif (tidak memberatkan). “Ia bersifat murunah (moderasi) serta penuh keadilan (al-‘adalah),” katanya.

Pengakuan lain diberikan oleh seorang Nasrani kerturunan Yahudi yang berasal dari Amerika Serikat, Michael H Hart. Dalam bukunya The 100 yang diterbitkan tahun 1978, ia menetapkan Muhammad SAW sebagai tokoh paling berpengaruh di dunia.

Muhammad menduduki peringkat teratas dari semua tokoh berpengaruh lainnya sepanjang masa. “Jatuhnya pilihan saya kepada Nabi Muhammad mungkin mengejutkan dan mungkin jadi tanda tanya sebagian yang lain. Tapi, saya berpegang pada keyakinan saya, dialah satu-satunya manusia dalam sejarah yang berhasil meraih sukses luar biasa baik ditilik dari ukuran agama maupun ruang lingkup duniawi,” tulisnya dalam kata pengantar di buku tersebut.

Muhammad bukan hanya dikenal sebagai pembawa agama Islam. Ia adalah sosok negarawan yang agung, bisa tampil menjadi hakim yang adil, pemimpin militer yang hebat, juga pejuang kemanusiaan yang sangat gigih.

Muhammad bisa mengantarkan kaumnya yang tertindas menuju ke negeri baru yang kemudian bisa dikembangkan olehnya menjadi negeri yang maju. Bahkan karenanya, kaum Muslim bisa tampil mengalahkan bangsa lainnya. Ia adalah seorang kepala negara yang sangat jenius.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement