Senin 09 Apr 2018 12:01 WIB

Masjid Arridwan di Edinburg Gelar Open House

Acara tahunan ini sudah rutin diadakan sejak tiga tahun lalu.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Arridwan di Edinburg, Texas, AS.
Foto: The Monitor
Masjid Arridwan di Edinburg, Texas, AS.

REPUBLIKA.CO.ID, EDINBURG -- Masjid Arridwan di Edinburg, Texas, AS menggelar open house pada Sabtu (7/4). Sebuah bangunan didirikan di dalam kompleks masjid untuk memperkenalkan berbagai hal yang berhubungan dengan Islam.

Bangunan itu terdiri dari beberapa ruangan yang di dalamnya memperlihatkan berbagai kegiatan mulai dari tato henna hingga lukis wajah. Selain itu, ada pula ruangan yang memamerkan sejumlah artefak khas Timur Tengah seperti kotak perhiasan dengan gambar mosaik.

Menurut Susan Hammami, anggota komunitas Muslim di Rio Grande Valley, acara tahunan ini sudah rutin diadakan sejak tiga tahun lalu. "Setiap tahun kami berbagi pengalaman dan memperkenalkan Islam," kata Hammami dikutip The Monitor.

Selain Masjid Arridwan, menurut anggota dewan Masjid Arridwan, Tarreq Allan, setidaknya ada lima masjid lainnya di kawasan Texas Selatan yang turut memeriahkan acara open house masjid ini. Selain informasi, di acara ini para komunitas Muslim menyediakan makanan, suvenir serta wahana kereta secara gratis bagi siapa saja yang berkunjung. Setiap pengunjung diberi sebuah kupon untuk mencoba makanan halal.

Pengunjung juga diajak untuk berkeliling masjid serta dijelaskan mengenai kegiatan ibadah shalat lima waktu, termasuk ibadah shalat Jumat. Pengunjung juga berkesempatan melakukan tanya jawab dengan imam masjid mengenai kepercayaan orang Muslim.

Salah satu kesalahan persepsi mengenai Islam, kata Hammami, adalah perempuan tidak boleh mengenyam pendidikan. "Hal itu tidak benar. Kita tidak bisa menggeneralisasi," katanya.

Acara ini terbuka untuk umum dari pukul 11.00 hingga 16.00 waktu setempat. Dibantu anggota Asosiasi Mahasiswa Muslim dari Universitas Texas Rio Grande Valley, acara ini berhasil menarik perhatian ratusan pengunjung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement