Kamis 27 Jul 2017 15:56 WIB

Rumah Zakat Gelar Pelatihan Wirausaha

Logo baru Rumah Zakat.
Foto: RZ
Logo baru Rumah Zakat.

REPUBLIKA.CO.ID,KEBUMEN--Guna memberdayakan para remaja, Rumah Zakat menggelar pelatihan pembuatan abon lele di Desa Blater, Kecamatan Poncowarno, Kebumen. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Senyum Mandiri yang diberikan khusus untuk remaja di Desa Berdaya Blater. Menurut Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, Amad Syarifudin, pemberdayaan yang ia kembangkan di Blater dilakukan secara menyeluruh. Selain untuk remaja putri, sebelumnya ia pun telah mengadakan program untuk pemberdayaan remaja putra.

''Di Desa Blater ini, remaja putra sedang saya latih untuk budidaya lele. Kemudian saya berpikir agar hasil lelenya tidak langsung dijual, tetapi bisa ditambah nilai ekonomisnya. Saya mempunyai ide dan mencoba melatih remaja putri untuk memproduksi abon lele. Semoga dengan adanya pemberdayaan ini, para remaja di Desa Blater dapat mempunyai kegiatan positif yang juga bernilai ekonomis,'' papar Amad, Rabu (26/7).

Meski saat ini fasilitas yang digunakan masih belum lengkap, namun Amad mengatakan pihaknya akan terus melakukan perbaikan dan pengembangan untuk menyukseskan program pemberdayaan masyarakat. Selain itu ia menargetkan akan mengajak lebih banyak peserta dalam kegiatan tersebut.

Salah satu peserta pelatihan, Anggun mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. Setiap akhir pekan ia selalu bersemangat untuk datang ke tempat pelatihan untuk membuat abon lele. ‘’Saya senang ada pelatihan pembuatan abon ini. Walaupun kita tadi latihannya dengan metode yang sedehana, tapi kita sebagai remaja putri menjadi bertambah kemampuannya. Sekarang kita jadi bisa memproduksi abon lele,'' ungkapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement