Selasa 13 Dec 2016 16:07 WIB

4 Kekuatan Umat Islam yang Diwariskan Rasulullah

Rasulullah
Foto: Republika/Amin Madani
Sudut Kota Madinah mulai lengang setelah ditinggal jamaah haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Dalam Piagam Madinah, antara lain diatur politik pertahanan negara dan hubungan Muslim dengan non-Muslim. Dengan Piagam Madinah itu jelas sekali ajaran Islam dan umatnya menghargai pluralitas suku, golongan, dan agama. Ketika umat Islam berkuasa, tidak pernah terjadi gangguan terhadap umat lain ataupun pemaksaan untuk memeluk agama Islam.

Dalam Alquran dan sunah diingatkan kepada setiap Muslim, apabila memegang kekuasaan, harus melindungi dan mengayomi pemeluk agama lainnya dengan sewajarnya, sebagaimana umat beragama seyogianya pula menghormati identitas kaum Muslimin. Toleransi tidak bisa dibangun secara sepihak, tetapi toleransi beragama harus melibatkan semua pihak secara adil dan jujur.

Para sahabat Nabi dan kaum Muslimin generasi awal menerima ajaran Islam itu tidak hanya dari ucapan dan pelajaran yang disampaikan Nabi, tetapi juga melihat langsung perbuatan Nabi sehari-hari dalam berbagai situasi. Oleh karena itu, kita wajib menjadikan ajaran dan keteladanan yang memancar dari kehidupan, perjuangan, dan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW sebagai uswah hasanah untuk memperkokoh pembangunan umat dan bangsa. Dalam perspektif Islam, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mencintai umat dan rakyatnya secara ikhlas, yang mendahulukan kepentingan rakyatnya di atas kepentingan pribadi atau kelompok.

Nabi Muhammad mengajarkan bahwa setiap Muslim adalah ikhwan (saudara) bagi Muslim yang lain. Nabi lebih lanjut menggariskan kewajiban dan hak sesama Muslim dalam kehidupan sosial, mulai dari kewajiban dan hak bertetangga sampai kewajiban dan hak sesama manusia. Dalam salah satu ayat Alquran dinyatakan, Muhammad Rasulullah dan orang-orang yang besertanya bersikap tegas terhadap orang-orang yang ingkar dan berkasih sayang terhadap sesama orang beriman (QS al-Fath [48]: 29).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement