Jumat 11 Mar 2016 08:54 WIB

Keberanian Shafiyah Buat Yahudi Bani Quraizhah Lari

Rep: Sri Handayani/ Red: Achmad Syalaby
Gurun pasir di Mesir

Shafiyah adalah perempuan yang cerdas. Ia termasuk perempuan awal yang memeluk Islam. Ia mengetahui kehadiran seorang Yahudi Bani Quraizhah yang sedang mengelilingi benteng. Instingnya yang kuat membuatnya mengerti maksud dan tujuan Yahudi tersebut. 

Ia merasa kaum perempuan Mukmin sedang dalam bahaya. Pada kenyataannya, kaum perempuan dan anak-anak tak sedang dalam perlindungan. Rasulullah SAW dan para laki-laki sedang pergi berperang. 

Namun ia tak kalah cerdik. Setiap ada orang yang datang, Shafiyah menguatkan keberaniannya. Ia mengambil tongkat, lalu turun dari benteng untuk memukul Yahudi yang mengelilingi benteng tadi hingga meninggal. 

Tekadnya untuk melindungi kaum perempuan dan anak-anak menguatkan keberanian perempuan dari Bani Abdul Muthalib ini. Perbuatan Shafiyah membuat utusan kaum Quraizhah tak pernah kembali.

Ini seolah-olah memberikan pesan bahwa di benteng itu selalu ada sekumpulan kaum laki-laki yang sedang melindungi dan menjaga kaum perempuan beserta anak-anak. Shafiyah berhasil membuat Yahudi Bani Quraizhah terbirit-birit. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement