Ahad 17 Jan 2016 21:12 WIB

Ini Barang Halal yang Dibenci Allah SWT

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Damanhuri Zuhri
Perceraian/ilustrasi
Foto:
suasana pengajian di sebuah masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Perceraian merupakan tindakan atau keputusan yang dihalalkan agama Islam, namun sekaligus merupakan perbuatan yang dibenci Allah SWT.

Menurut Suhadak, seharusnya peceraian bisa dihindari, bila sejak awal setiap keluarga menjaga rumah tangganya, dengan menanamkan nilai-nilai agama.

"Seharusnya begitu menikah, mereka aktif dengan pengajian dan pembinaan agama, termasuk mengikuti konsultasi-konsuktasi keluarga," kata Suhadak menjelaskan.

Apalagi belakangan keluarga berusia muda, karena alasan pekerjaan tinggal berjauhan dengan orang tuanya. Atau karena keinginan hidup mandiri, biasanya keluarga baru, langsung memilih tinggal terpisah dari orang tua mereka.

Padahal kata Suhadak, untuk beberapa waktu tertentu, sebuah keluarga yang baru menikah masih memerlukan pembinaan dari orang tua mereka.

Menurut Suhadak, kasus perceraian di PA Denpasar juga banyak disebabkan oleh kegiatan ibu-ibu atau para suami bermain di media sosial (medsos).

Kendati tidak semua kegiatan di medsos dapat dimaknai sebagai sebuah perselingkuhan, namun karena keterbatasan space di media sosial, curahan hari dan pikiran kerap menimbukan kesalahfahaman.

"Salah satu pasangan tidak terima dan akhirnya masalahnya berakhir dengan perceraian di sidang pengadilan," kata Suhadak menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement