Sabtu 12 Sep 2015 19:54 WIB

OKI Dukung Indonesia Wujudkan Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Indah Wulandari
Konferensi Tingkat Menteri dalam Pemberdayaan Perempuan Negara OKI ke-4 di Jakarta
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Konferensi Tingkat Menteri dalam Pemberdayaan Perempuan Negara OKI ke-4 di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID,JEDDAH -- Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Iyad Madani mendukung gagasan Indonesia yang ingin menyebarkan ajaran Islam rahmatan lil 'alamin.

Dukungan itu disampaikan Iyad saat bertemu Presiden RI Joko Widodo di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (12/9).

"Dan di situlah Presiden mengusulkan berdirinya satu contact group dalam OKI yang menyuarakan Islam sebagai rahmatan lil 'alamin," ucap Menteri Luar Negeri Retno LP Marsoedi yang ikut mendampingi saat pertemuan tadi.

Ia menjelaskan, gagasan untuk membumikan ajaran Islam yang menjadi rahmat bagi alam semesta itu pertama kali dicetuskan Presiden saat penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta pada April lalu.

Di sela-sela KAA, Presiden melakukan pertemuan dengan wakil dari negara-negara OKI. Salah satu isu yang dibahas yaitu mengenai konflik yang terjadi di sejumlah negara Islam.

Usulan Indonesia itu pun mendapat respons positif dari perwakilan negara-negara OKI yang datang. Mereka sepakat negara-negara anggota OKI harus bisa memunculkan wajah Islam yang rahmatan lil 'alamin.

"Sekjen OKI sangat mendukung upaya yang digagas Indonesia ini. Presiden juga menyampaikan apresiasi kepada OKI atas dukungannya," kata Retno lagi.

Dalam pertemuan di Jeddah kali ini, Sekjen OKI juga mengundang Indonesia untuk hadir dalam tiga Konferensi Tingkat Tinggi (KTT). Tiga konferensi tersebut yakni KTT tentang teknologi dan sains pada November 2015, KTT mengenai Palestina pada Januari 2016 dan KTT Reguler dari OKI pada April 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement