Selasa 11 Jun 2019 11:11 WIB

Laz Solopeduli Raih Opini WTP

Tahun ini menjadi ke-10 kalinya LAZ Solopeduli meraih opini WTP.

Rep: Binti Solihah/ Red: Agung Sasongko
zakat
zakat

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Laporan keuangan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Solopeduli tahun 2018 meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari kantor Akuntan Publik Ganung AB. Dengan opini tersebut, tahun ini menjadi ke-10 kalinya LAZ Solopeduli meraih opini WTP secara berturut-turut sejak 2009.

Berdasarkan laporan keuangan yang diaudit, jumlah total penghimpunan LAZ Solopeduli selama 2018 mencapai Rp 21,26 miliar. Jumlah penerima manfaat pada 2018 sebanyak 226.437 jiwa. Jika dibandingkan penghimpunan LAZ pada 2017 yang sebesar Rp 16,84 miliar, pada 2018 terjadi peningkatan jumlah penghimpunan lebih dari Rp 4,4 miliar.

Direktur Utama Solopeduli, Sidik Anshori, mengatakan, hasil audit lembaga eksternal tersebut menjadi salah satu indikator LAZ Solopeduli semakin dipercaya masyarakat. Sehingga semakin banyak jumlah warga masyarakat yang menitipkan dananya melalui Solopeduli. 

Sidik menambahkan, hasil audit eksternal menjadi salah satu tolak ukur profesionalitas lembaga amil zakat. "Jadi ketika Solopeduli bisa meraih WTP, ini menunjukkan Solopeduli telah dikelola sesuai standar pengelolaan dana Ziswaf dan sesuai standar akuntansi," ucapnya seperti tertulis dalam siaran pers, Selasa (11/6). 

 

Menurutnya, semua capaian tersebut, tidak lepas dari bantuan banyak pihak, terutama para donatur, relawan, dan para amil. Karenanya, dia mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah mempercayakan dananya, juga pada relawan yang telah membantu pelaksanaan program Solopeduli. "Semoga dengan pemberdayaan ini, semakin banyak nilai kemanfaatan yang diraih," harapnya.

Ke depan, lanjut Sidik, Solopeduli akan terus melakukan inovasi dalam banyak hal. Sehingga para donator akan semakin percaya pada Solopeduli yang tahun ini genap berusia 20 tahun.

Sementara itu, terkait penghimpunan Solopeduli pada Ramadhan 1440H/2019 hingga 31 Mei 2019, jumlah penerima manfaat program Ramadhan sebanyak 3.496 orang. Rincian penghimpunan Ramadhan Solopeduli terdiri atas 1.424 paket cinta yatim, 1.952 program takjil, 150 program sahur, 250 program sedekah Alquran dan 15 program zakat fitrah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement