Selasa 14 May 2019 03:34 WIB

Baznas Tangerang Targetkan Penghimpunan Zakat Fitrah Rp 5 M

Target penghimpunan zakat Tangerang dari 13 kecamatan.

Ilustrasi Zakat
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG— Badan Amil Zakat Nasional Kota Tangerang menargetkan penerimaan zakat fitrah pada 2019 yakni sebesar Rp 5 miliar dari 13 Kecamatan yang ada.

Ketua Baznas Kota Tangerang, KH M Aslie Al khusaeri, di Tangerang, Senin (13/5) menjelaskan sumber penerimaan tersebut adalah dari setiap rukun tetangga (RT) sebesar Rp 2 juta. Nantinya, setiap RT menerima kupon pembayaran zakat fitrah 50 lembar dengan nilai per orang yakni Rp 40 ribu.

Baca Juga

Dia menjelaskan, meskipun jumlah kepala keluarga (KK) di setiap RT mencapai 200 sampai 300 KK. Namun Baznas membuat target penerimaan dengan batas minimun.

Jumlah RT yang ditarget untuk penyebaran kupon pembayaran zakat fitrah yakni ada 5.000 RT se-Kota Tangerang di 13 Kecamatan.

Nantinya dari penerimaan setiap RT sebesar Rp 2 Juta, akan disalurkan melalui petugas di RT sebesar tujuh persen. Lalu disalurkan kepada mustahik di wilayah Kelurahan sebesar 20 persen.

Begitu juga dengan tingkat kecamatan akan dikeluarkan untuk mustahik sebesar 20 persen. Sementara untuk ditingkat kota akan dikeluarkan untuk mustahik sebesar 53 persen.

"Jika target 5.000 RT mendapatkan penerimaan sesuai target maka total penerimaan zakat Fitrah tahun ini yakni Rp 5 Miliar," ujarnya.

Jadi, bagi masyarakat yang ingin membayar zakat fitrah bisa dilakukan melalui RT setempat atau UPZ yang telah dibentuk. "Kita sudah bentuk UPZ di setiap masjid/mushala," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement