Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Baznas Berikan Modal untuk 300 UMKM Kecil

Ahad 12 May 2019 20:03 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agus Yulianto

Para mustahik Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar acara Kampung Ramadhan untuk untuk memeriahkan ibadah di bulan suci 1440 Hijriah. 

Para mustahik Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar acara Kampung Ramadhan untuk untuk memeriahkan ibadah di bulan suci 1440 Hijriah. 

Foto: dok. Baznas
Kampung Ramadhan ini diharapkan bisa menguatkan ekonomi masyarakat melalui UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar acara Kampung Ramadhan di Desa Jabon Mekar, Parung, Bogor yang merupakan salah satu tempat pengembangan program Baznas Mircofinance Desa (BMD). Kepala Divisi Pendayagunan Baznas Randi Swandaru mengatakan, saat Ramadhan, skala ekonomi juga akan meningkat, namun tidak semua pegiat usaha mampu memaksimalkannya. 

Maka di sini, Baznas berupaya membantu UMKM kecil melalui kegiatan Kampung Ramadhan, dimana seluruh pegiat usaha dibiayai usahanya dengan dana zakat dan infaq. Dia berharap, Kampung Ramadhan ini bisa menguatkan ekonomi masyarakat. 

Nah inilah bukti bagaimana zakat bisa mengembalikan kekuatan Ekonomi di masyarakat. Kalau bukan kita yang tolong, siapa lagi,” kata Randi di Bogor, Sabtu (11/5). 

“Kita buat tema kampung ramadhan agar masyarkat melihat bahwa ramadhan ini bukan hanya membangun ekonomi saja yang jalan tapi juga membangun akhlak,” tambah dia. 

Dipilihnya Desa Jabon Mekar, kata Randi, karena masih banyaknya masyarakat miskin yang perlu dibantu. Bukan hanya memberi modal usaha, tapi Baznas juga memberikan pendampingan bagi para pegiat usaha. 

“Di Jabon mekar ini ada 300 pegiat usaha yang dibiayai masing-masingnya 2 juta rupiah dan mereka diberikan pembinaan. Dan ada manager operasi disini sebagai pendamping para pegiat usaha tadi,” ujar dia. 

“Ini juga akan terus berlanjut, kampung ramadhan ini hanya sebagai bentuk festivalnya saja tapi kalau kegiatan reguler akan tetap berlanjut. Dan kita juga akan terus mendampingi agar mereka busa meningkatkan usahanya menjadi lebih besar,” tambah Randi. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA