Senin 29 Apr 2019 17:55 WIB

Khofifah Minta ASN Saling Menghormati di Bulan Puasa

ASN yang berpuasa ataupun tidak diminta saling menghormati.

Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa menyampaikan sambutan saat Halaqoh Kebangsaan Muslimat NU di Asrama Haji, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (16/3/2019).
Foto: Antara/Moch Asim
Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa menyampaikan sambutan saat Halaqoh Kebangsaan Muslimat NU di Asrama Haji, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (16/3/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA— Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah provinsi setempat menjaga suasana saling menghormati pada saat Ramadhan 1440 Hijriyah atau 2019 Masehi.

"Semua harus menjaga suasana menghormati, baik yang sedang menjalankan ibadah puasa maupun tidak," ujarnya di sela memimpin apel di hadapan ribuan ASN di Kantor Gubernur Jatim, Surabaya, Senin (29/4) .

Baca Juga

Menurut dia, Ramadhan merupakan bulan suci dan bisa dimaksimalkan oleh umat muslim untuk bekerja dan beribadah menjalankan kewajiban dan sunnah sesuai anjuran agama Islam.

Selama Ramadhan, di lingkungan kerja Pemprov Jatim juga diberlakukan pengubahan jam kantor, yakni masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB.

Usai apel, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut berkesempatan menyalami sebagian besar ASN sembari mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa yang diikuti Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono dan sejumlah kepala OPD.

"Selamat menjelang Ramadhan dan nanti saat bulan suci selamat berpuasa. Bagi umat Islam, bulan tersebut adalah bulan yang penuh dengan kemuliaan," ucap mantan menteri sosial tersebut.

Sekadar informasi, sesuai perhitungan hisab yang dilakukan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, puasa atau 1 Ramadhan 1440 Hijriyah bertepatan pada Senin (6/5), sedangkan pemerintah akan menggelar sidang sidang isbat (penetapan) awal pada Ahad (5/5) di Jakarta.

Pada kesempatan sama, Gubernur Khofifah juga berterima kasih kepada seluruh ASN yang bekerja keras selama ini hingga diberikan anugerah tentang laporan kerja penyelenggaraan pemerintah daerah terbaik tingkat nasional 2017 oleh pemerintah pusat.

Penghargaan yang diberikan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, tersebut diberikan bersamaan peringatan Hari Otonomi Daerah XXII yang digelar Kamis (25/4) di Kabupaten Banyuwangi.

"Prestasi itu adalah hasil kerja mereka (ASN), di bawah komando Pakde Karwo sebagai Gubernur dan Gus Ipul sebagai Wakil Gubernur saat itu, kemudian hubungan baik dengan DPRD, perkembangan baik dunia usaha dunia industri, serta partisipasi luar biasa masyarakat Jatim," jelasnya.

Selain Jatim, Mendagri Tjahjo Kumolo juga menyerahkan penghargaan kepada Provinsi Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat, sedangkan kategori kabupaten/kota diberikan kepada Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Banyuwangi, Kota Madiun serta Kota Surabaya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement