Kamis 25 Apr 2019 16:11 WIB

Baznas Bangun Tempat Penyulingan Minyak Sereh di Cianjur

Baznas juga membantu membangun ruang kelas SMK inovatif.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Zakat
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui program pemberdayaan Zakat Community Development (ZCD) membangun tempat penyulingan minyak sereh di Desa Campaka Warna, Kecamatan, Campaka Mulya, Kabupaten Cianjur, Provinsi, Jawa barat. Kepala Divisi Pendayagunaan Baznas, Randi Swandaru mengatakan, di Desa Campaka Warna memiliki potensi budidaya tanaman sereh yang bagus, namun belum berjalan maksimal.

"Dengan dikembangkannya program pemberdayaan dan pengadaan tempat penyulingan minyak sereh di Desa Campaka Warna, Baznas berharap pemanfaatan tanaman sereh ini bisa maksimal dan bisa berdampak pada mustahik dengan peningkatan perekonomiannya," kata Randi dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Kamis, (25/4).

Baca Juga

Dia menambahkan, selama ini, masyarakat sekitar hanya langsung menjual sereh gelondongan. Namun setelah dibangun tempat penyulingan Baznas ini, para mustahik dapat terbantu dan bisa langsung menjualnya setelah melakukan proses penyulingan dan mendapatkan keuntungan lebih.

"Program ZCD Baznas telah membantu untuk pembangunan satu unit bangunan pabrik lengkap dengan mesin penyulingannya yang di peruntukan untuk kelompok mustahik penyulingan minyak sereh dengan penerima manfaat nya sebanyak 90 keluarga," kata Randi.

Selain mendirikan tempat penyulingan, Baznas juga membantu masyarakat sekitar dengan membangun ruang kelas yang prosesnya juga melibatkan para mustahik. Ruang kelas SMK Inovatif ini siap digunakan untuk ruang belajar sebanyak 90 siswa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement