Jumat 26 Apr 2019 01:11 WIB

Dompet Dhuafa Bersihkan Masjid Agung Syekh Asnawi Banten

Kegiatan ini merupakan bagian dari aksi bersih-bersih menyambut Ramadhan.

Tim Dompet Dhuafa membersihkan Masjid Agung Syekh Asnawi Caringin - Banten, Kamis (24/4/2019). Kegiatan bersih- bersih masjid dalam menyambut Ramadhan 1440 H / 2019 M.
Foto: dok. Dompet Dhuafa
Tim Dompet Dhuafa membersihkan Masjid Agung Syekh Asnawi Caringin - Banten, Kamis (24/4/2019). Kegiatan bersih- bersih masjid dalam menyambut Ramadhan 1440 H / 2019 M.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Menyambut bulan Ramadhan 1440 Hijriah, Dompet Dhuafa menggelar aksi bersih-bersih masjid, khususnya Masjid bersejarah di Indonesia. Salah satunya, Masjid Agung Syekh Asnawi Caringin-Banten, Kamis (25/4).

Masjid ini didirikan pada zaman kolonial Belanda pada tahun 1883 oleh Syekh KH. Asnawi.  Di Indonesia banyak sekali situs-situs bersejarah, situs bukan hanya berupa candi, banteng dan istana namun masjid juga termasuk dalam situs yang sudah menjadi kewajiban kita untuk melindungi dan melestarikanya.

Dalam bulan suci Ramadhan ini masjid bersejarah memiliki daya tariknya sendiri. Masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah namun juga sebagai tempat berwisata. Masyarakat berkunjung ke masjid bersejarah untuk merasakan suasana beribadah di masjid yang sudah berdiri sejak ratusan tahun lamanya, serta melihat keindahan masjid tersebut.

Untuk menjaga keindahan masjid ini, Dompet Dhuafa bekerja sangat professional. Tim Dompet Dhuafa membersihkan masjid dengan sangat sungguh-sungguh dan tulus. Dimulai dengan membersihkan karpet sajadah, memvakum karpet dan menambahkan pewangi agar orang dapat beribadah dengan nyaman, katanya.

"Tempat wudhu, jendela serta pintu masjid pun tidak lupa tim bersihkan sampai terlihat mengkilat. Seperti halnya membangun rumah kegiatan bersih-bersih masjid juga di tutup dengan mencat ulang masjid sehingga terlihat cerah," katanya.

Kegiatan sosial ini pun mendapat apresiasi dari kalangan masyarakat dan pihak DKM khususnya.

H. Mumu Mukhlis selaku pengurus DKM Masjid Agung Syekh Asnawi mengutarakan bahwa Gerakan Bersih-Bersih Masjid dipercaya dapat menjadi aktivitas yang menggerakkan masyarakat untuk selalu memperhatikan kebersihan masjid. "Kami merasa bersyukur yang luar biasa kepada Dompet Dhuafa yang telah melakukan aksi sosial ini," katanya.

Aksi sosial Dompet Dhuafa tidak berhenti sampai bersih masjid saja, Beberapa kegiatan lain yang merupakan rangkaian dari program-program LPM Dompet Dhuafa dalam rangka memeriahkan dan menghidupkan bulan Ramadhan, diantaranya : Dzikir dan munajat doa bersama keluarga pasien, Kampung Sanlat anak yatim dan dhuafa, Parsel Lebaran, Kudapan Ramadhan, Sahur Berkah, Gerebek Kampung Berbuka, Pelatihan dongeng ceria untuk guru TPA, Ramadhan berbagi bersama disabilitas, Pesantren Ramadhan bagi disabilitas, Dapur Keliling dan Mudik Ceria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement