Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

ACT Ajak Masyarakat Mengakselerasi Pengentasan Kemiskinan

Rabu 24 Apr 2019 15:10 WIB

Red: Gita Amanda

ACT

ACT

Foto: ACT
Ramadhan merupakan momentum menyatukan berbagai perbedaan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sukarelawan yang tergabung dalam Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak masyarakat, khususnya umat Muslim di berbagai daerah, ikut mengakselerasi pengentasan kemiskinan melalui Program "Marhaban Yaa Dermawan". Acara ini digelar dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Kepala Cabang ACT Jawa Tengah Sri Suroto di Semarang, Rabu (24/4), mengatakan bahwa Ramadhan merupakan bulan terbaik dan termulia dari semua bulan yang senantiasa dijadikan momentum pelipatgandaan ikhtiar dan amalan terbaik umat Muslim.

"Sekalipun Indonesia masih disibukkan dengan tema politik, Ramadhan merupakan momentum menyatukan berbagai perbedaan dan kita harus selalu ingat bahwa ekonomi sejumlah negara yang berpenduduk mayoritas Muslim masih mengkhawatirkan, khususnya akibat konflik yang berkepanjangan, baik internal maupun eksternal," katanya.

Sejalan dengan itu, ia mengungkapkan Program "Marhaban Yaa Dermawan" hadir karena ACT meyakini Indonesia masih dipenuhi masyarakat yang memiliki jiwa dermawan.

"Kami meyakini semua umat selalu merindukan kedatangan Ramadhan, begitu pun sebaliknya, Ramadhan juga sangat merindukan adanya orang yang dermawan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Ramadhan terbaik bagi para dermawan untuk kemudian menebar amalan kebaikan, dimana program-program yang diberikan juga bisa berperan sebagai pengentas kemiskinan di berbagai daerah.

Kepala Program ACT Jateng Giyanto menambahkan, bangkitnya filantropi Islam dalam rangka mengentaskan kemiskinan masih memiliki peluang besar untuk memperluas ekosistem dan mendorongnya menjadi salah satu garda depan.

"Ramadhan merupakan kesempatan yang terbuka buat Muslim sedunia untuk berkontribusi dalam percepatan pengentasan kemiskinan dengan kedermawanan dan memuliakan sesama manusia tidak hanya di Indonesia namun juga secara global," katanya.

Seperti diketahui, ACT adalah lembaga yang bergerak di bidang kemanusiaan, kedermawanan, dan kerelawanan.

Untuk memperluas karya, ACT mengembangkan aktivitasnya, mulai dari kegiatan tanggap darurat, kemudian mengembangkan kegiatannya ke program pemulihan pascabencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spiritual.

ACT didukung oleh donatur publik dari masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan kemanusiaan dan juga partisipasi perusahaan melalui program kemitraan dan tanggung jawab sosial perusahaan. Dengan semangat kolaborasi kemanusiaan, ACT juga mengajak semua elemen masyarakat dan lembaga kemanusiaan untuk terlibat bersama untuk mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA