Jumat 17 Aug 2018 17:24 WIB

Dompet Dhuafa akan Kelola Bantuan Bandung untuk Lombok

Dompet dhuafa akan fokus pada bantuan yang sifatnya tak hanya sementara.

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Sejumlah pengungsi korban gempa bumi mengikuti apel bendera peringatan HUT ke-73 RI di Posko Pengungsian Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Jumat (17/8).
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Sejumlah pengungsi korban gempa bumi mengikuti apel bendera peringatan HUT ke-73 RI di Posko Pengungsian Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Jumat (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK -- Walikota Bandung Ridwan Kamil berkunjung ke Lombok pada Kamis (16/8). Kehadiran Kang Emil, begitu ia sering disapa, adalah untuk menyerahkan donasi bantuan gempa Lombok yang dihimpun dari masyarakat Bandung dan sekitarnya. Bantuan rencananya akan dikelola oleh Dompet Dhuafa untuk para korban gempa Lombok.

Direktur Program Dompet Dhuafa, Sabeth Abilawa, mengatakan masyarakat masih banyak yang memberikan dukungan kepada warga terdampak gempa Lombok. Sebab faktanya masih banyak yang tinggal di luar rumah dan sekrang sudah masuk musim hujan, tentu mereka lebih membutuhkan banyak dukungan.

“Kita ajak agar tidak hanya fokus pada bantuan yang sifatnya sementara, namun juga hal-hal yang jarang diminati dalam proses rekontruksi, semisal (pembangunan kembali) perekonomian,” ucapnya.

Bantuan senilai Rp 2 milliar berhasil dihimpun oleh total lebih dari 11.000 donatur. Donasi langsung diterima oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi.

 

“Bahkan ada donasi dari anak SD sebesar Rp. 10.000,- rupiah. ia sisihkan dari uang jatah ojek berangkat sekolah,” terang Ridwan Kamil dalam keterangan tulis, Jumat (17/8).

Dari donasi yang dihimpun, bukan hanya  berasal dari dalam negeri, melainkan sampai luar negeri. “Antusias masyarakat sangat luar biasa. Donasi datang dari banyak tempat, bahkan luar negeri. Ini menjadi bukti bahwa diluar Lombok banyak masyarakat yang terus peduli terhadap bencana gempa di sini (Lombok),” tambahnya.

Selain menyerahkan donasi, Ridwan Kamil juga menyempatkan diri berkunjung ke salah satu pos pegungsian di Desa Kekait, Lombok Barat. Di pos yang dihuni oleh lebih dari 1.300 jiwa tersebut, Ridwan Kamil ikut langsung memantau perkembangan masayrakat terdampak gempa, sekaligus menghibur mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement