Rabu 15 Aug 2018 16:00 WIB

Baznas Layani Kurban via Toko Daring

Shope merupakan situs belanja terdepan di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua Baznas - Bambang Sudibyo
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Baznas - Bambang Sudibyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439/2018, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melayani ibadah kurban masyarakat melalui situs toko daring Shopee. Kurban yang ditunaikan melalui situs online tersebut akan disalurkan pada Program Kurban Berdayakan Desa.

Layanan kemudahan berkurban melalui Shopee ini diresmikan di Jakarta pada Rabu (15/8). Ketua Baznas, Bambang Sudibyo mengatakan melalui kerja sama dengan Shopee, pihaknya ingin memberikan kemudahan kepada para pekurban dalam menunaikan kurbannya.

Shope merupakan situs belanja terdepan di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan. Karena itu, Bambang pun optimistis masyarakat akan menyambut baik layanan ini. Aplaagi, pelanggan Shopee saat ini tersebar di 515 kota dan kabupaten di Indonesia.

Kurban yang ditunaikan melalui program “Shopee Berkurban” akan turut dalam Program Kurban Berdayakan Desa yang tujuannya bukan hanya untuk melayani para pekurban menjalankan ibadah. Namun juga melakukan pemberdayaan ekonomi pedesaan, khususnya para peternak.

Melalui Kurban Berdayakan Desa, hewan kurban langsung dibeli dari peternak-peternak di desa, tidak melalui pengepul besar di kota. Setelah itu, hewan kurban juga disembelih dan didistribusikan di desa tersebut bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Dengan demikian, para peternak dan masyarakat pedesaan mendapatkan manfaat ekonomi dari pembelian hewan kurban, sekaligus mendapatkan tambahan asupan gizi dari daging yang dibagikan,” ujar Bambang dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (15/8).

Layanan Kurban Berdayakan Desa melalui Shopee akan berlangsung mulai 13 sampai 22 Agustus 2018. Layanan ini akan memudahkan masyarakat yang beribadah sambil berbelanja.

Sementara Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar mengatakan bahwa menunaikan kurban melalui transaksi online kini sudah menjadi sesuatu yang diminati karena praktis dan mudah. “Shopee tidak hanya memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk membeli kurban secara online namun pengguna dapat membeli kurban secara patungan melalui fitur Group Hemat di Shopee,” katanya.

Melalui fitur "Group Hemat" Shopee, umat Islam dapat memiliki akses yang lebih mudah untuk menunaikan kurban, terutama bagi mereka yang hendak untuk berkurban sapi. “Untuk patungan kurban melalui fitur Group Hemat di Shopee, pengguna cukup memilih sapi kurban dari lembaga penyalur kurban yang diminati dan mengumpulkan tujuh orang untuk membeli kurban bersama. Nantinya, masing-masing dari anggota grup akan mendapatkan sertifikat tanda bukti kurban yang telah disalurkan,” jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement