Jumat 08 Jun 2018 15:44 WIB

Ramadhan Peduli Ibu Tangguh bersama IZI-Komunitas Diajeng

Ibu tangguh yang diundang adalah mereka yang berprofesi sebagai kuli gendong.

LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah serta Komunitas Arisan Diajeng mengundang ibu tangguh.
Foto: IZI
LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah serta Komunitas Arisan Diajeng mengundang ibu tangguh.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pada siang hari, segenap rombongan 'ibu tangguh' tiba di Kantor Sequis Semarang. Mereka merupakan ibu tangguh yang memiliki berbagai mata pencaharian seperti kuli gendong dan buruh rumah tangga.

Mereka sengaja diundang LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah serta Komunitas Arisan Diajeng untuk menghadiri acara Bakti Sosial Ramadhan Peduli Ibu Tangguh. "Ini memang kegiatan santunan yang rutin diselenggarakan untuk masyarakat di sekitar Kota Semarang. Dan kali ini spesial, kita mendatangkan 'ibu tangguh yang bekerja sebagai kuli gendong dari relokasi Pasar Johar. Mohon doanya untuk Komunitas Diajeng dan semua yang sudah memberi dukungan kepada mustahik IZI," kata Kepala Perwakilan IZI Jateng Djoko Adhi saat memberikan sambutan di Kota Semarang, Kamis sore (7/6).

Ketua Komunitas Arisan Diajeng Nadya Amalia mengatakan kegiatan semacam ini memang dilakukan rutin setiap lima bulan sekali. Bertepatan dengan Ramadhan, mereka tertarik mengundang ibu tangguh yang berprofesi sebagai kuli gendong.

"Sebelumnya kami haturkan terima kasih kepada IZI Jateng yang telah menyiapkan sedemikian rupanya hingga menghadirkan ibu tangguh yang luar biasa. Kami sangat terbantu dan mengapresiasi IZI," ujar Nadya.

Tidak lupa, Nadya berharap program tersebut kedepannya dapat disinergikan demi memberdayakan para ibu tangguh. "Ada harapan dari kami semoga program semacam ini bisa terus terlaksana, mengingat kami begitu ingin berdayakan pada Ibu Tangguh ini agar semakin berdaya dan mandiri. Terima kasih IZI yang telah menghadirkan semuanya, Sequis, D'Pastry, dan Al Fath atas semua dukungannya." tambahnya.

Namun demikian, hal yang paling mengharukan adalah ketika dua dari 50 kuli gendong mendapatkan kesempatan untuk umrah. Dua orang yang beruntung itu kebetulan sama-sama bernama Samini. Mereka benar-benar terharu saat Pemilik Arbani Tour and Travel Sari Prayoga mengumumkan keduanya akan diberangkatkan umrah.

"Terima kasih kepada semua pihak yang sudah berbaik hati mengundang kami. Hanya Allah yang mampu membalasnya. Kami benar-benar tidak menyangka akan diundang ke acara seperti ini. Apalagi dua teman kami ada yang diberangkatkan umrah. Berkah semuanya dan semoga selalu dilancarkan rezekinya," kata Jani, salah seorang kuli gendong sambil menahan haru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement