Kamis 07 Jun 2018 12:46 WIB

Gerobak Berkah, Cara Laznas BSM Berdayakan Pedagang Kecil

Sebanyak 60 gerobak dibagi di sejumlah titik di Jabodetabek.

Program Gerobak Berkah Laznas BSM Umat.
Foto: Laznas BSM
Program Gerobak Berkah Laznas BSM Umat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membangkitkan ekonomi masyarakat bawah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan pemberian gerobak bagi pedagang kecil yang sangat mengandalkan fasilitas gerobak ini.

Masih banyak pedagang yang memikul dagangannya di pundaknya. Padahal usia mereka sudah tidak lagi muda. Para pedagang pikul ini kemudian berjalan berkeliling kampung demi kampung, berharap dagangannya laku.

Bayangkan, mereka berjalan kaki dengan membawa beban di pundaknya yang tidak ringan, tanpa mengeluh. Mereka terus berteriak atau memukul sesuatu sebagai kode dari jualan yang mereka jajakan.

Mulai dari penjual bakso, penjual gorengan, penjual makanan/minuman atau jajanan anak-anak kecil. Pemandangan seperti ini menjadi fenomena miris di tengah megahnya gedung-gedung tinggi DKI Jakarta atau kota-kota besar lainnya.

 

photo

Laznas BSM Umat sebagai lembaga sosial, melihat fenomena ini sebagai suatu kesempatan memberdayakan para pedagang ini agar usaha yang ditekuninya bisa makin maju dengan pemberian "Gerobak Berkah". Program Gerobak Berkah ini sudah diluncurkan Laznas BSM Umat, Bekasi Barat, Bekasi, Rabu (6/6).

Ketua Pelaksana Program Gerobak Berkah Laznas BSM Umat, Ahmad Gojali mengatakan, di Bekasi 16 gerobak dengan total secara keseluruhan 60 gerobak yang terbagi di sejumlah titik, di antaranya di Jabodetabek. "Syaratnya harus dhuafa, punya kemauan berusaha memajukan dagangannya. Yang diberikan bantuan Gerobak Berkah ini ada pedagang makanan dan minuman. Selain itu Laznas BSM bekerja sama dengan Dinas Kesehatan wilayah setempat," kata Ahmad.

Setelah pemberian gerobak berkah ini, Laznas BSM terus melakukan pendampingan selama setahun yang meliputi penyuluhan tentang usaha, manajemen pelayanan, keamanan, dan kesehatan pangan. Program Gerobak Berkah ini diharapkan memberikan harapan kepada mereka para pedagang gerobak yang kehidupannya sangat sederhana, sehingga kelak mereka bisa menjadi lebih baik.

Salurkan donasi terbaik Sahabat untuk membantu para pedagang kecil ini. Ada paket yang kami tawarkan untuk kita bisa Bersinergi untuk Umat.

1. Paket Firdaus Rp 7 juta

2. Paket Mutmainah Rp 1 juta

3. Paket Jama'i Rp 100 ribu

Nomor rekening Bank Syariah Mandiri 702 620 2595 A/N Yayasan BSMU-ZKT 2. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program ini, silakan Sahabat mengeklik link https://www.bsmu.or.id/project/ringankan-pundak-mereka-dengan-gerobak-berkah dan bisa berdonasi langsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement