Senin 26 Feb 2018 11:47 WIB

Dompet Dhuafa Kirim Tim Barzah dan DMC ke Brebes

Kedua Tim ini akan membantu evakuasi korban longsor.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Agung Sasongko
Sejumlah petugas dibantu warga melakukan pencarian korban longsor di Desa Pasirpanjang, Salem, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (23/2). Pencarian 15 korban longsor dihentikan akibat terkendala cuaca hujan.
Foto: Oky Lumansyah/Antara
Sejumlah petugas dibantu warga melakukan pencarian korban longsor di Desa Pasirpanjang, Salem, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (23/2). Pencarian 15 korban longsor dihentikan akibat terkendala cuaca hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEREBES -- Dompet Dhuafa terjunkan Tim Badan Pemulsaran Jenazah (Barzah) dan Disaster Management Center (DMC) untuk membantu korban longsor di Kabupaten Berebes, Jawa Tengah. Tim Barzah Dompet Dhuafa juga membantu mengantarkan korban longsor sampai ke pemakaman.

"Alhamdulillah keberadaan Tim Barzah Dompet Dhuafa dapat berkontribusi membantu evakuasi dan pengantaran korban longsor sampai ke pemakaman," kata Koordinator Barzah Dompet Dhuafa, Madroi melalui keterangan tertulis kepada Republika.co.id, Senin (26/2).

Madroi menerangkan, saat ini sudah ada dua tim yang dikerahkan. Sudah ada dua jenazah yang diantarkan ke tempat pemakaman umum di sana. Selain itu, Tim Barzah juga membantu anggota Polri Kabupaten Pekalongan membawa peralatan untuk mengevakuasi korban di lokasi kejadian.

Selain tim Barzah, juga ada relawan dari DMC Dompet Dhuafa yang turut membantu proses evakuasi korban longsor. Tim DMC Dompet Dhuafa fokus di tiga titik lokasi kejadian longsor. Tim DMC dan Barzah juga bertugas untuk mengevakuasi penemuan jenazah.

"Barzah Dompet Dhuafa memiliki layanan mengantar jenazah yang selalu beroperasi 24 jam, program ini merupakan layanan gratis, berkah dari donatur Dompet Dhuafa untuk masyarakat yang tertimpa musibah (meninggal dunia)," ujarnya.

Dompet Dhuafa menginformasikan, Barzah telah membantu mengantar sekitar 3.000 jenazah di berbagai daerah. Kini Tim Barzah Dompet Dhuafa hadir di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Berebes, Jawa Tengah.

Sebelumnya diberitakan, longsor yang terjadi pada Kamis (22/2) pukul 08.00 WIB mengakibatkan 20 orang dinyatakan hilang dan selama pencarian baru tujuh orang yang berhasil ditemukan. Serta 13 orang masih dalam pencarian. Korban mayoritas penduduk desa setempat.

Pada Ahad (25/2), sebanyak tiga korban berhasil ditemukan dan Tim Barzah mengantarkan dua jenazah korban longsor menuju rumah duka dan tempat pemakaman umum setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement