Sabtu 02 Sep 2017 21:42 WIB

DD Salurkan 25 Sapi Kurban ke Pedalaman Halmahera

Rep: Fuji EP/ Red: Hazliansyah
 Dompet Dhuafa (DD) menyalurkan hewan kurban sebanyak 53 ekor kambing untuk dikurbankan di 14 desa yang ada di Kecamatan Ketol dan Silih Nara, dataran tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.
Foto: Republika/Fuji EP
Dompet Dhuafa (DD) menyalurkan hewan kurban sebanyak 53 ekor kambing untuk dikurbankan di 14 desa yang ada di Kecamatan Ketol dan Silih Nara, dataran tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, HALMAHERA -- Direktur Utama Dompet Dhuafa Sosial Entreprise, Yuli Pujihardi menjelaskan perjalanan yang cukup melelahkan tim Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa ke Halmahera Utara, Maluku Utara.

Tim THK berangkat setelah Subuh dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, baru tiba di lokasi pemotongan hewan kurban pukul 17.00 WIT.

"Pemotongan hewan kurban di Desa Tafa Soho, Kecamatan Maliput, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Untuk mencapai desa ini, kami melintasi udara Kota Makasar lalu menuju Bandara Sultan Baabullah Ternate, lalu jalan laut menggunakan speedboat menuju Pelabuhan Sofifi dan darat menuju Desa Tofa Soho," kata Yuli kepada Republika.co.id melalui keterangan tertulis, Sabtu (2/9).

Ia mengatakan, THK Dompet Dhuafa tentu tidak mengirim hewan kurban dari Jakarta ke Desa Tafa Soho. Hanya dana dari para pekurban yang dikirimkan ke berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia, termasuk ke Desa Tafa Soho. Cara seperti ini dilakukan untuk memberdayakan masyarakat di daerah terpencil.

Jadi, para pekurban mengamanahkan dana kurban ke Dompet Dhuafa untuk membeli 25 ekor sapi. Kemudian, Dompet Dhuafa membeli 25 ekor sapi dari peternak di Desa Tafa Soho untuk dikurbankan dan dibagikan ke masyarakat dhuafa di sejumlah desa yang ada di sana.

Melihat masyarakat Desa Tafa Soho, Yuli mengaku meneteskan air mata. Kemudian mendoakan para pekurban agar amal ibadahnya diterima Allah SWT.

"Bila yang berkurban sedang tunaikan ibadah haji, semoga Allah terima ibadah hajinya. Bila belum berhaji Allah hajikan dengan kurban yang dia lakukan hari ini," ujarnya.

Mitra THK Dompet Dhuafa, Yusri mengungkapkan, sudah tiga tahun menjadi mitra pelaksana THK. Tahun ini ia bersyukur diberi amanah untuk mengelola 25 ekor sapi kurban THK Dompet Dhuafa. Hewan kurban tersebut akan distribusikan ke 17 desa di lima kecamatan. Serta beberapa desa yang dipilih langsung oleh pekurban.

"Alhamdulillah semakin banyak saja masyarakat yang bakal menerima daging sapi kurban dari THK Dompet Dhuafa," ujarnya.            

Ia mengungkapkan, tidak terbayangkan para pekurban dari kota mau mengirimkan hewan kurbannya sampai ke Halmahera. Masyarakat menyambut Dompet Dhuafa dengan tarian lokal. Anak-anak riang gembira karena akan merayakan hari raya dan memotong sapi sebanyak itu.

Dia menambahkan, belum pernah ada kurban sampai memotong 25 ekor sapi seperti tahun ini. Tapi, tahun ini bisa memotong 25 ekor sapi bersama THK Dompet Dhuafa.

Fuji EP

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement