Kamis 08 Jun 2017 13:57 WIB

Baznas Cianjur Targetkan Raihan Zakat Rp 20 Miliar

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR  dan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cianjur berupaya mengoptimalkan raihan zakat fitrah pada tahun ini. Targetnya, perolehan zakat selama bulan Ramadhan bisa mencapai sekitar Rp 20 miliar.

‘’ Pada 2017 ini ditargetkan umat Islam yang membayar zakat melalui Baznas mencapai 48 persen atau 1,2 juta jiwa,’’ ujar Ketua Baznas Kabupaten Cianjur, Yosep Umar kepada wartawan Rabu (7/6). Total jumlah penduduk Cianjur mencapai sekitar 2,3 juta dan sebanyak 1,8 juta diantaranya adalah muslim.

Menurut Yosep, pada tahun lalu umat Islam yang berzakat melalui Baznas mencapai sekitar 42 persen. Harapannya lanjut dia terjadi peningkatan pembayaran zakat melalui Baznas.

Dikatakan Yosep, Baznas menetapkan pembayaran zakat fitrah untuk kalangan menengah ke bawah mencapai kisaran Rp 30 ribu. Sementara pembayaran zakat fitrah untuk menengah ke atas mencapai Rp 50 ribu.

Hal ini kata dia disesuaikan dengan kualitas beras yang dikonsumsi warga misalkan beras biasa atau kualitas satu. Intinya terang dia pembayaran zakat disesuaikan dengan kondisi keuangan dari umat Islam. Jika orang tersebut mampu lanjut dia maka berzakat dengan beras kualitas yang terbaik.

Dari perhitungan tersebut kata Yosep, jumlah pengumpulan zakat bisa mencapai kisaran Rp 18 miliar hingga Rp 20 miliar. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya terang dia perolehan zakat fitrah hanya mencapai Rp 10,8 miliar. Padahal, target yang ditetapkan sebesar Rp 15 miliar.

Penyebab tidak tercapainya target ungkap Yosep, dikarenakan masih banyak warga yang membayarkan zakat langsung kepada penerima zakat fitrah. Namun lanjut dia ke depan umat Islam bisa menyalurkan zakatnya kepada Baznas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement