Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Si Kembar Ini Beternak dan Berdagang demi Wujudkan Mimpi Berkuliah

Sabtu 14 Jan 2017 07:31 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Si kembar penerima manfaat Rumah Zakat yang berdagang dan beternak demi bisa kuliah.

Si kembar penerima manfaat Rumah Zakat yang berdagang dan beternak demi bisa kuliah.

Foto: rumah zakat

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Banyak cara agar bisa berkuliah. Cara unik dilakukan si kembar Fauzi dan Fauzia dalam mewujudkan mimpinya berkuliah. Penerima manfaat, beasiswa juara RZ (Rumah Zakat) di SMK Peternakan Juara Subang, Fauzi dan Fauzia kompak mewujudkan mimpi dan cita-citanya melalui usaha yang mereka lakukan. Diantaranya berdagang dan beternak.

Hampir setiap hari Fauzi dan Fauzia bejualan makanan yang mereka olah sendiri, dari mulai gorengan hingga es yoghurt. Jika awalnya hanya iseng, kini berjualan menjadi salah satu cara mereka mewujudkan cita-cita untuk berkuliah. Si kembar yang merupakan lulusan SMP Juara Bandung tersebut pun mulai belajar mengatur keuangan sendiri. Karena tinggal di asrama dan semua fasilitas gratis dari sekolah, maka uang bulanan dari orang tua pun dijadikan modal usaha. Dari hasil usahanya lah Fauzi dan Fauzia kemudian menabung untuk membeli dua pasang domba garut.

“Domba ini tabungan, untuk biaya masuk kuliah nanti. Targetnya selama sekolah kami bisa punya domba dan sapi. Semoga tahun depan bisa beli sapi,” kata Fauzi dan Fauzia, Jumat (13/1).

Dari sekian banyak siswa di SMK Juara, memang baru mereka berdua yang memiliki ternak dan dipelihara di lingkungan sekolah. Menurut Kepala SMK Juara Ipik Taufik pihak sekolah memang mempersilahkan para siswa menggunakan fasilitas yang ada di sekolah dengan catatan harus menjaganya agar tetap bersih serta tidak mengganggu aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Hal tersebut dibuktikan oleh Fauzi dan Fauzia, meski disibukan dengan berjualan dan memelihara ternak sendiri selain milik sekolah, hal tersebut tidak mengganggu nilai akademis keduanya. “Alhamdulillah selalu masuk 10 besar,“ kata Fauzia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA