Jumat 08 Jul 2016 13:23 WIB

Perolehan Zakat Fitrah Kota Sukabumi Naik

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas menyiapkan beras hasil zakat fitrah untuk disalurkan ke warga yang berhak
Petugas menyiapkan beras hasil zakat fitrah untuk disalurkan ke warga yang berhak

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Besaran pengumpulan zakat fitrah di Kota Sukabumi mengalami peningkatan. Hal ini dinilai sebagai bentuk peningkatan kesadaran umat Islam untuk membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Ketua Baznas Kota Sukabumi Fifi Kusumajaya mengatakan, pengumpulan zakat fitrah hingga menjelang Shalat Idul Fitri 1437 H mencapai Rp 1,9 miliar. "Pada tahun sebelumnya hanya sebesar Rp 1,8 miliar," terang dia Jumat (8/7).

Menurut Fifi, ada peningkatan sekitar 10,51 persen atau meningkat sebesar Rp 189 juta dibandingkan 2015 lalu. Wilayah yang paling tinggi pembayaran zakat fitrahnya berada di tiga kecamatan yakni Cikole, Baros, dan Cibeureum.

Fifi menerangkan, jumlah umat Islam di Kota Sukabumi mencapai sebanya 308 ribu jiwa. Dari jumlah tersebut sekitar 68 ribu jiwa di antaranya sudah wajib membayar zakat. Selain dari warga, Fifi mengatakan pengumpulan zakat fitrah berasal dari sejumlah instansi pemerintah dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Jumlah pengumpulan zakat di instansi pemerintah mencapai Rp 195 juta.

 

Wakil Ketua III Baznas Kota Sukabumi Muh Kusoy menambahkan, besaran zakat fitrah pada 1437 Hijriyah ditetapkan sebesar Rp 28 ribu dan ditambah infaq Rp 2.000. Hal ini didasarkan pada Keputusan Baznas Kota Sukabumi Nomor 37/Baznas.Kosi/V/2016 tentang Besaran Rupiah Zakat Fitrah.

Pengumpulan zakat fitrah ini ungkap Kusoy dengan melibatkan unit pengumpul zakat (UPZ) dewan kemakmuran masjid jami (DKM) atau rukun warga (RW) sebanyak 355 unit. Ratusan UPZ DKM ini tersebar di tujuh kecamatan. Setiap kecamatan dan kelurahan terdapat satu koordinator dalam pengumpulan zakat. Selain itu kata Kusoy, UPZ lainnya yang turut serta dalam pengumpulan zakat fitrah yakni UPZ dinas atau instansi pemerintahan dan sekolah di Kota Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement