Senin 10 Aug 2015 17:58 WIB

PPPA Darul Quran Bangun Sumber Air di Cibarusah

 Salah satu sumber air (ilustrasi).
Foto: Antara/Joko Sulistyo
Salah satu sumber air (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CIBARUSAH -- Sebagian wilayah Indonesia mengalami kekeringan besar. Termasuk, wilayah Cibarusah, daerah pinggiran ibu kota Jakarta.

Karena itu, wilayah Cibarusah menjadi titik bantuan yang diberikan PPPA Daarul Quran. "InsyaAllah, dalam beberapa waktu ke depan Cibarusah memiliki sumber air baru. Direktur Utama, PPPA Daarul Qur'an Muhammad Anwar Sani, Senin (10/8).

Menurut Anwar,  sumber air baru telah dibuat di beberapa desa Cibarusah. Ini semua adalah bentuk kepedulian masyarakat Indonesia untuk sesama melalui perantara PPPA Daarul Qur'an. Ia menyebutkan, salah satu lokasi sumber air baru di Kampung Poncol, Desa Ridomanah, Kecamatan Cibarusah. Selain sumber air, dibangun pula penampungan air dengan luas 15x4 meter dan mampu menampung 400 ribu liter air. 

Allhamdulillah, setidaknya lebih dari 225 kk dari 12 RT dapat memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Lokasinya bersebelahan langsung dengan sebuah Masjid al Ikhlas yang telah berdiri lebih dari 50 tahun lalu.  "Alhamdulillan, kami bersyukur ada yang bersedia membantu kami membuat penampungan air untuk warga," kata Ketua RT Rt 02/01, Abas. 
 
Mengingat, saat musim kemarau tiba, desa tempatnya berdiam selalu mengalami kekeringan yang parah. Tapi, tahun ini yang lebih parah dalam beberapa tahun terakhir ini.  Sedangkan, di Kampung Cipaten, Rt 01/05, Desa Sirnajati, Cibarusah. Dengan 60 meter kedalaman sumber air baru, setidaknya lebih dari 150 kk dapat terpenuhi kebutuhan air sehari-harinya, baik memasak, mandi maupun mencuci. 
 
Sebelumnya ada mesin air, tetapi sudah tidak dapat digunakan sejak beberapa tahun terakhir karena rusak. Mengingat, penampungan maupun mesin yang sebelumnya itu sejak 2004 silam dan belum pernah diganti sekali pun. Sehingga., warga terpaksa membeli air bersih Rp 3000 per 30 liter.
 
Jinta, salah satu warga menyampaikan terima kasih kepada PPPA Daarul Qur'an dan seluruh donaturnya. Atas bantuan untuk ratusan warga desa yang tengah kesulitan air.  "InsyaAllah, Yang Maha Kuasa akan membalas lebih untuk semuanya." 
 
Tak tertinggal pula dengan dropping air untuk 220 kk di Kampung cijati, Desa Sirnajati, Cibarusah, Bekasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement