Rabu 28 Nov 2018 09:54 WIB

DD dan RSUD Pasar Minggu Bentuk Program Bimbingan Pasien

Bimbingan ini merupakan bagian integral buat pemulihan para pasien.

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (12/12).Republika/Yasin Habibi
Foto: Republika/Yasin Habibi
RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (12/12).Republika/Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa (DD) bersama RSUD Pasar Minggu membentuk program Bimbingan Rohani Pasien (BRP) melalui peran dai atau daiyah. Kerja sama ini dalam upaya mewujudkan masyarakat dunia yang beradab melalui pelayanan, pembelaan, dan pemberdayaan yang berdasarkan kepada prinsip-prinsip Islam.

“Kami menyebut relawan BRP Dompet Dhuafa itu sahabat pasien, di mana mereka benar-benar menjadi sahabat yang mendengarkan dan memotivasi dan bertujuan memberikan ketenangan dan kesejukan hati dengan dorongan dan motivasi untuk tetap bersabar, bertawakal, dan senantiasa menjalankan kewajibannya sebagai hamba Allah SWT,” ujar Direktur Dakwah dan Layanan Tanggap Darurat Dompet Dhuafa Ahmad Shonhaji dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (28/11).

Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) merupakan salah satu program Direktorat Dakwah dan Layanan Tanggap Darurat Dompet Dhuafa (DD). Cordofa sebagai salah satu asosiasi dai/daiyah secara resmi dicanangkan pada 2012, yang melibatkan para juru dakwah dari berbagai organisasi Islam. 

Dalam kerja sama antara Dompet Dhuafa dengan RSUD Pasar Minggu para dai akan memberikan bentuk pelayanan kesehatan  rohani. Inu dalam upaya pemenuhan kebutuhan bio–psycho–socio–spiritual, bimbingan ini merupakan bagian integral buat pemulihan para pasien.

Dompet Dhuafa melaui Cordofa akan memberikan  bimbingan rohani kepada para pasien sekurangnya dua kali dalam sepekan. Pelayanan rohani diberikan untuk pasien dengan mendapatkan persetujuan keluarga. Atau keluarga yang mengajukan diri  untuk mendapatkan bimbingan kerohanian dan pasien yang direkomendasikan oleh perawat. 

“Rumah sakit tidak hanya memberikan layanan medis, tapi perlu memberikan layanan rohani, spiritual, sebagaimana mental pasien ketika sakit perlu mendapatkan bimbingan dan sugesti baik,” ucapnya.

Saat ini pembinaan kerohanian untuk pasien di rumah sakit menjadi tuntutan akreditasi. Bimbingan Rohani Pasien Dompet Dhuafa telah terlaksana sejak 2003 dengan bermitra bersama sejumlah Rumah Sakit. Di antaranya RSUP Fatmawati, RS PMI Bogor, RSCM, RSU Kabupaten Tangerang, RSU Balaraja Tangerang, RSUD Kota Bekasi, RS Jiwa Soeharto Heerdjan, dan lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement