Selasa 25 Sep 2018 20:28 WIB

Baznas Gandeng Agan Galang Dana untuk Loper Koran

Pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan penghasilan loper koran.

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Baznas
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan PT Xavier Teknologi Kapital (Agan) membentuk program penggalangan dana (crowdfunding) untuk membantu para loper koran di berbagai daerah. Pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan penghasilan loper koran.

Kepala Divisi Layanan Muzaki Baznas, Rulli Kurniawan mengatakan program ini diharapkan dapat mengantarkan para loper koran menjadi mandiri. “Program ini berawal dari kegelisahan terhadap kemajuan teknologi, yang membuat penjualan koran menurun sangat drastis,” ujarnya dalam keterangan tulis, Selasa (25/9).

Dalam laporan Perspective and Media Outlook di 2017, laju global pertumbuhan koran dalam lima tahun ke depan akan terus mengalami penurunan mencapai minus 8,3 persen. Ini merupakan angka terendah dibandingkan media masa konvesional lainnya seperti Majalah, TV, Buku dan Radio yang juga mengalami penurunan minus di angka 3,4 hingga enam persen.

Sedangkan media berbasis internet terus mengalami peningkatan dengan tumbuh sampai enam persen. Menurut Rulli, perubahan tingkah laku masyarakat untuk meninggalkan media cetak dan beralih ke media online membuat loper koran yang biasanya menjajakan koran di pinggir jalan dan di warung mulai tersisihkan, daya jual loper terus mengalami penurunan, membuat mereka harus beralih profesi untuk mempertahankan kehidupan.

 

“Kami berupaya memberikan pemberdayaan bagi para loper koran untuk dapat lebih produktif dan memiliki penghasilan yang layak melalui pendampingan usaha,” katanya.

Sementara Co-founder PT Xavier Teknologi Kapital, Rendy Diego Soeadarjo menambahkan adanya crowdfunding dari masyarakat melalui rekening Baznas secara nasional maka akan banyak juga loper yang akan diberikan pendampingan usaha.

"Agan dan BAZNAS berinisiatif membantu para loper koran mengikuti perkembangan teknologi. Para loper koran masing-masing akan kami berikan satu unit handphone Android, satu unit bluetooth printer, pelatihan, Aplikasi PPOB (Payment Point online Banking) dan modal kerja berupa uang di saldo aplikasi,” ucapnya.

Dengan adanya pendampingan usaha yang akan kami berikan, para loper koran akan menjadi payment point yang dapat melakukan layanan transaksi perbankan, seperti melakukan pembayaran listrik, pembayaran air berlangganan, pembelian pulsa, serta dapat menerima pembayaran infak, zakat dan sedekah. Baznas dan Agan telah memberikan bantuan kepada 20 loper sehingga penghasilan mereka meningkat.

"Untuk itu mari kita membantu para loper koran agar mendapatkan pendampingan usaha dengan cara berdonasi melalui dompet pemberdayaan loper Baznas," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement