Jumat 14 Sep 2018 19:44 WIB

BMH Gelar Festival Muharam Anak-anak Pengungsi Lombok

Kegiatannya mencakup senam pagi, lomba, festival dan nonton bareng film inspiratif.

Festival Muharram yang digelar oleh sinergi beberapa lembaga kemanusiaan bersama BMH di Desa Sigarpenjalin, Lombok Utara.
Foto: Dok BMH
Festival Muharram yang digelar oleh sinergi beberapa lembaga kemanusiaan bersama BMH di Desa Sigarpenjalin, Lombok Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menggelar kegiatan Festival Muharam untuk anak-anak pengungsi Lombok, Rabu (12/9). Kegiatan itu digelar di posko peduli gempa Lombok yang bertempat di Desa Sigarpenjalin Tanjung,  Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Festival Muharam ini sebagai wadah bagi anak-anak korban gempa bumi Lombok untuk berinteraksi dan eksplorasi bakat yang terpendam, setelah selama satu bulan lamanya tak belajar di bangku sekolah akibat gempa bumi yang menyerang wilayah tersebut,” kata Kepala BMH Perwakilan NTB, Abdul Kholiq dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (13/9).

Ia menambahkan, kegiatan Festival Muharam berlangsung sangat meriah dan penuh semangat. Hal ini terlihat dari begitu antusiasnya anak-anak mengikuti kegiatan demi kegiatan.

 

Abdul Kholiq menyebutkan, rangkaian kegiatan dimulai dari senam pagi, lomba, festival hingga nonton bareng film inspiratif. Lomba yang dilaksanakan meliputi lomba adzan , mewarnai, kaligrafi menulis arab, hafalan surah pendek dan lomba shalat berjamaah.

“Kegiatan Festival Muharam ini insya Allah akan menjadi pesan dan kesan yang baik terhadap anak-anak korban gempa lombok. Terlebih ini dilaksanakan dalam keadaan yang serbat terbatas,” ungkap Ketua Panitia Festival Muharam, Muhammad Syauqi.

 

photo
Suasana Festival Muharram pada sesi gerak ceria Islami.

Sutejo, salah satu relawan BMH yang turut memberikan penyegaran fisik sebelum lomba dimulai, berharap anak-anak dapat lebih semangat. “Gerak ceria Islami semoga dapat memberikan motivasi dan kepercayaan diri bagi adik-adik korban gempa,” ucapnya.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari satu malam.  “Kami akan terus diupayakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan lainnya dalam beberapa hari selama Muharam ke depan,” tutur Muhammad Syauqi.

Ia menyebutkan, semua jenis lomba yang diselenggarakan disediakan apresiasi. Bentuknya berupa hadiah bagi para juara , mulai dari juara pertama hingga juara ketiga untuk setiap jenis lomba.

“Festival Muharam ini terlaksana berkat kerja sama BMH, AQL , BSM , SAR Hidayatullah, GR. 10.000 dan LPS Peduli sebagai sponsor utama,” papar Muhammad Syauqi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement