Kamis 16 Aug 2018 07:33 WIB

LAZ Al Azhar Sebar 28 Titik Posko Gempa di Lombok

Tim LAZ Al Azhar hadir di Lombok sejak hari pertama gempa, 29 Juli 2018.

Aksi Medis Formula LAZ Al Azhar untuk korban gempa Lombok.
Foto: Dok LAZ Al Azhar
Aksi Medis Formula LAZ Al Azhar untuk korban gempa Lombok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Forum Zakat (FOZ) merilis grafik distribusi posko bencana oleh lembaga-lembaga zakat nasional di tiga kabupaten terdampak gempa; Lombok Timur, Lombok Barat, dan Lombok Utara.

Dalam rilis yang dimuat dalam akun instagram @forumzakat, Selasa (14/8) menunjukan jumlah total posko saat ini ada 191 titik. Rinciannya adalah  Lombok Timur sebanyak 59 posko, Lombok Barat (15 posko), dan Lombok Utara (117 posko).

Dari 191 posko, 28 posko adalah Posko Formula Tanggap Bencana LAZ Al Azhar bersama Forum Indonesia Gemilang. Kepala Divisi Program LAZ Al Azhar,  Rahmatullah Sidik mengatakan Tim Formula sudah terjun dan melakukan aksi kemanusiaan sejak hari pertama gempa mengguncang Lombok 29 Juli lalu.

photo
Dapur umum LAZ Al Azhar untuk korban gempa Lombok.

“Posko-posko disebar ke 28 titik menyesuaikan dengan kebutuhan para pengungsi, terutama di Kabupaten Lombok Utara yang 80 persen  wilayahnya luluh lantak,  juga ke daerah-daerah yang terisolir dan belum tersentuh bantuan,”  jelas Rahmat dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (15/8).

Ia menambahkan, selama 18 hari melakukan aksi kemanusiaan di Lombok,  Tim Formula juga telah mendistribusikan bantuan makanan, air bersih, dapur umum, mendirikan mushola darurat, trauma healing dan aksi medis.

“Tim Formula akan terus mendampingi korban bencana. Tak hanya memberikan bantuan tapi juga sampai tahap recovery. Dan ke depannya kita akan buatkan bale (rumah) untuk para pengungsi,”  tutup Rahmat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement