Advertisement

Masa Recovery, Warga Terdampak Gempa Butuh Layanan Kesehatan

Senin 13 Aug 2018 18:41 WIB

Red: Mohamad Amin Madani

PKPU Human Initiative mendistribusikan 250 Paket Hygine Kit.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK - Salah satu hal yang perlu diperhatikan pasca-gempa adalah kesehatan warga terdampak. PKPU Human Initiative berupaya melakukan aksi recovery salah satunya memenuhi kebutuhan fisik warga.

Diantara upaya tersebut adalah memberi layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi pengungsi dan warga terdampak lainnya (12/8). Aksi layanan kesehatan tersebut dilaksanakan di Dusun Tembobor, Desa Sigar Penjalin, Kec. Tanjung, Kab. Lombok Utara. Program ini merupakan kerjasama dengan IDI Wonogiri - Jawa Tengah.

"Aksi ini dilakukan oleh tim medis dr. Martanto. Perawat, Raden Ardani dan Farmasi obat, Haerul Hadi. Targetnya dapat melayani 100 orang pasien," terang Manager Humas, Sukismo dalam laporannya.

Sementara dr. Martanto mengatakan dari 100 pasien yang terlayani, kebanyakan dari mereka menderita penyakit ISPA & gatal-gatal. Hal tersebut karena minimnya akses kebersihan.

Oleh karena itu, PKPU Human Initiative juga bekerjasana dengan Pennyappeal Belgia untuk mendistribusikan 250 Paket Hygine Kit. Program ini dapat memenuhi kebutuhan bersih-bersih para warga terdampak gempa.

"Hygine Kit ini sangat bermanfaat bagi mereka, mengingat peralatan mandi dan mencuci sangat dibutuhkan apalagi bagi pengungsi di tenda-tenda," ungkap Kepala Dusun Tembobor, Lalu Yahya Robi.

Distribusi 250 paket Hygine Kit tersebut dilaksnakan di Dusun Tembobor, Desa Sigar Penjalin, Kec. Tanjung, Kab. Lombok Utara.  

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA