Kamis 19 Jul 2018 16:53 WIB

ACT Siap Launching Kapal Kurban di Sumbawa

NTB merupakan daerah kantong ternak nasional.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Dwi Murdaningsih
Global Qurban di Myanmar.
Foto: Dok ACT
Global Qurban di Myanmar.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Aksi Cepat Tanggap (ACT) berencana meresmikan kapal kurban di Pelabuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pertengahan Agustus mendatang. Branch Manager ACT NTB Lalu Muhammad Alfian mengatakan, kapal tersebut akan digunakan untuk kegiatan pendistribusian ternak kurban dari Pulau Sumbawa menuju Pulau Jawa.

Ini merupakan bagian dari program Global Qurban ACT tahun ini. Rencananya, peresmian dan pelepasan kapal kurban akan dilakukan antara 12 Agustus hingga 15 Agustus di Pelabuhan Badas.

ACT Luncurkan Program Indonesia Berqurban

"Kita targetkan bisa membawa sekitar 500 ekor sapi menuju Jakarta dan Jawa," ujar Alfian saat launching program 'Indonesia Berqurban, Bangsa dan Dunia Menikmati' di Kantor ACT NTB, Mataram, NTB, Kamis (19/7).

Kata Alfian, pemilihan NTB sebagai lokasi launching sekaligus pelepasan perdana kapal qurban ACT karena daerah ini merupakan daerah kantong ternak nasional. Ia menyebutkan, NTB yang terkenal dengan julukan Bumi Sejuta Sapi selama ini merupakan penyuplai kebutuhan ternak Sapi untuk sejumlah provinsi lain di Indonesia.

"Kapal qurban yang membawa 500 ekor Sapi dari Sumbawa akan singgah di pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, dan mendistribusikan hewan ternak di daerah-daerah sekitar. Setelah itu Kapal akan bertolak ke Pelabuhan Tanjung Priuk," kata dia.

Alfian menambahkan, konsep 'kapal kurban' ini akan mendistribusikan ternak dari daerah kaya ternak ke daerah yang kekurangan ternak agar kebutuhan hewan kurban mencukupi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement