Senin 04 Jun 2018 11:32 WIB

Maybank Indonesia Salurkan Dana Kebajikan kepada Lima Ziswaf

Dana kebajikan disalurkan untuk sejumlah kegiatan bermanfaat.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Friska Yolanda
Penyerahan dana kebajikan PT Maybank Indonesia Tbk dengan lima Lembaga Zakat Infak Sedekah dan Wakaf (Ziswaf) di Senayan Jakarta, baru-baru ini.
Foto: Humas ACT Global Wakaf
Penyerahan dana kebajikan PT Maybank Indonesia Tbk dengan lima Lembaga Zakat Infak Sedekah dan Wakaf (Ziswaf) di Senayan Jakarta, baru-baru ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) melalui Unit Usaha Syariah (Perbankan Syariah Maybank Indonesia) menyerahkan dana kebajikan kepada lima Lembaga Zakat Infak Sedekah dan Wakaf (Ziswaf) di Senayan Jakarta, akhir pekan lalu. 

Penyerahan dana kebajikan secara simbolis dilakukan Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria kepada perwakilan lima lembaga Ziswaf. Kelima lembaga dimaksud, yaitu Dompet Dhuafa, ACT-Global Wakaf, LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Wakaf Al Azhar-Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar, dan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia.

"Kami memilih lima lembaga ini karena di setiap  lembaga mempunyai kelebihan masing-masing, sehingga ini sangat bagus untuk umat. Seperti misalnya kelebihan Global Wakaf yang mempunyai jaringan yang luas, bahkan bisa sampai ke luar negeri dan saya respek dengan hal itu," tutur Herwin Bustaman, Head of Shariah Banking Maybank Indonesia. 

photo
Penyerahan dana kebajikan PT Maybank Indonesia Tbk dengan lima Lembaga Zakat Infak Sedekah dan Wakaf (Ziswaf) di Senayan Jakarta, baru-baru ini.

Program tersebut merupakan dukungan Maybank Indonesia kepada lembaga Ziswaf dengan ruang lingkup kerja sama mencakup program dukungan untuk Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dalam pemberdayaan pedagang melalui Program Lapak Berkah dan beasiswa serta pembangunan gedung Pusat Kajian Mualaf. Dukungan untuk Dompet Dhuafa berupa dana kebajikan produktif bergulir untuk pengelolaan Rumah Sakit Wakaf di Jakarta serta program Masjid dan Mushala Berdaya.

 

Selain itu, Dana Kebajikan Maybank Indonesia juga mendukung program lembaga Ziswaf di bidang peternakan yakni program dari lembaga ACT Global Wakaf berupa Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Lumbung Ternak Masyarakat untuk penggemukan kambing/domba pertahun. Serta, program dari Wakaf Al Azhar, yakni Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Ketahanan Pangan Barokah untuk pengelolaan enam hektare lahan pertanian dan beasiswa pendidikan serta program Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia berupa pencetakan dan pendistribusian 2.250 Alquran di seluruh Indonesia

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut Maybank Indonesia juga mengadakan acara buka puasa bersama dan penyerahan santunan kepada lebih dari 150 anak yatim dan dhuafa dari berbagai wilayah di Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama 1.000 anak yatim dan dhuafa di 10 Kantor Cabang Syariah seluruh Indonesia pada bulan Ramadhan ini.

Imam Akbari, Presiden Global Wakaf Foundation sangat mengapresiasi kepedulian Maybank Indonesia terhadap umat Islam yang dhuafa dan yang berada di wilayah tertinggal. "Apa yang dilakukan Maybank Indonesia ini luar biasa, mudah-mudahan kami bisa menjalankan amanah besar ini yang insya Allah akan kami emban sebaik-baiknya," ujarnya.

Wakaf adalah puncak philanthropy Islam yang luar biasa yang sangat bermanfaat untuk umat. Ia berharap dengan sinergi antara Maybank Indonesia dan Global Wakaf serta empat lembaga Ziswaf lainnya ini bisa membangun kejayaan ekonomi umat, bahkan dapat memajukan peradaban Islam agar lebih baik lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement