Rabu 02 May 2018 10:33 WIB

Baznas Berikan Motor Trail untuk Dai di Mentawai

Kondisi jalan di Mentawai sulit dilalui sepeda motor, kecuali jenis motor trail.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, MENTAWAI -- Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Semen Padang menyalurkan bantuan berupa 20 unit sepeda motor trail untuk dai di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatra Barat. Dai yang menerima bantuan sepeda motor trail tersebut ada di bawah binaan UPZ Baznas Semen Padang.

"Sepeda motor trail ini sangat bermanfaat bagi dai, terutama untuk melewati medan jalan yang berat karena di Mentawai kondisi jalan sangat parah dan sulit dilalui sepeda motor, kecuali jenis motor trail," kata Kepala Koordinasi Dai Binaan UPZ Baznas Semen Padang di Sikabaluan, Antoni Busri melalui keterangan tertulis kepada Republika.co.id, Ahad (1/5).

Antoni yang juga menjabat sebagai Ketua MUI Sikabaluan berterima kasih kepada UPZ Baznas Semen Padang. UPZ karyawan PT Semen Padang memberikan pembinaan dan mendukung seluruh kegiatan syiar agama Islam di Kepulauan Mentawai. Pemberian sepeda motor trail merupakan salah satu bentuk dukungan Baznas kepada para dai.

Bantuan sepeda motor trail diserahkan langsung Ketua UPZ Baznas Semen Padang, Oktoweri kepada Ketua MUI Sikabaluan, Antoni Busri. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, UPZ Baznas Semen Padang juga menggelar sidang itsbat nikah terpadu 2018 untuk melegalkan ratusan pasangan suami-istri di Kepulauan Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada 26-27 April 2018.

"Ratusan pasangan tersebut menjalani sidang itsbat nikah terpadu 2018 yang digelar UPZ Baznas Semen Padang," kata Kepala Divisi Pengumpulan UPZ Baznas, Faisal Qosim.

Faisal menerangkan, setelah pasangan suami-istri mengikuti sidang itsbat, mereka diberi buku nikah oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kepulauan Mentawai. Ratusan pasangan suami-istri tersebut juga diberi KTP elektronik, kartu keluarga dan akta kelahiran. Sidang itsbat nikah terpadu digelar di Kepulauan Mentawai karena di sana banyak mualaf dan umat Islam yang menikah secara siri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement