Senin 26 Mar 2018 13:01 WIB

Baznas Bali Himpun ZIS Rp 3,5 Miliar per Tahun

Perolehan dana ZIS sebesar Rp 3,5 miliar per tahun belum maksimal.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Zakat Fitrah
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi Zakat Fitrah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Provinsi Bali menghimpun dana zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) sekitar Rp 3,5 per tahun. Untuk meningkatkan penghimpunan ZIS, Baznas se-Provinsi Bali terus berupaya dengan berbagai cara.

"Sumber dana yang besar sekarang bukan dari zakat tetapi dari infaq dan sedekah," kata Ketua Baznas Provinsi Bali Mahrusun Hadiono kepada Republika.co.id, kemarin.

Mahrusun mengatakan, dana ZIS yang terkumpul sekitar Rp 3,5 miliar dari seluruh Baznas yang ada di Bali, sebanyak 45 persen zakat dan 55 persennya infaq serta shodaqoh. Dibanding zakat, infaq dan sedekah lebih mudah dihimpun.

Baznas Provinsi Bali memang belum tahu potensi ZIS di Bali seberapa besar karena belum ada penelitian. Tapi perolehan dana ZIS sebesar Rp 3,5 miliar per tahun memang belum maksimal. Oleh karena itu Baznas akan terus melakukan sosialisasi dan berusaha.

"Penduduk Muslim di Bali menurut data statistik 2015 ada sebanyak 540 ribu orang dari total penduduk Bali sebanyak 4,2 juta orang," ujarnya.

Mahrusun menyampaikan, rencananya Baznas Provinsi Bali dan Baznas kabupaten yang ada di Bali akan diaudit kantor akuntan publik. Untuk mengurangi biaya audit, Baznas provinsi dan kabupaten rencananya akan diaudit satu paket. Menurutnya memang sangat perlu diaudit tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement