Kamis 30 Nov 2017 09:00 WIB

Pemkot Tangerang Minta Baznas Maksimalkan Potensi ZIS

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Agus Yulianto
Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin
Foto: Republika/Yasin Habibi
Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin berharap, agar Baznas Kota Tangerang bisa memaksimalkan potensi Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS). Sebab, potensi ZIS ini bisa digunakan untuk kemaslahatan masyarakat yang di Kota Akhlakul Karimah, terlebih mayoritas warga Kota Tangerang adalah muslim.

"Bagaimana (ZIS) bisa dikelola untuk meningkatkan sumber daya manusia yang pada ujungnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis (30/11).

Kata dia, Baznas juga bisa lebih intens melakukan komunikasi dan pembinaan kepada masyarakat terkait pelaksanaan kewajiban mereka sebagai umat islam yakni membayar zakat. "Kita harus bisa mengkomunikasikan program Baznas ke masyarakat sehingga timbul kesadaran umat untuk melaksanakan kewajibannya," kata dia.

Selain itu, menurut Sachrudin, Baznas bisa lebih terlibat dalam berbagai kegiatan yang ada di masyarakat, sehingga eksistensi Baznas benar-benar bisa dirasakan oleh umatnya. "Oraganisasi bisa diaku oleh masyarakat, kalau organisasi tersebut bisa memberikan manfaat buat masyarakat, dan hasilnya dirasakan langsung oleh masyarakat," tuturnya.

Ketua Baznas Kota Tangerang M Aslie Elhusyairy menyampaikan, bahwa pengelolan zakat di Kota Tangerang mengalami kenaikan yang siginifikan dari tahun ke tahun. Terlebih, setelah dibangunnya aplikasi 'Ayo Zakat' yang menjadi bagian dari 'Aplikasi Tangerang Live'.

"Alhamdulillah berkat kerjasama dengan pemerintah penerimaan Zakat kita pada tahun berjalan 2017 telah mencapai Rp 4 miliar. Dan ini menjadi capaian luar biasa karena kalau biasanya kita itu hanya menempati urutan ke 7 se-Propinsi Banten terkait besaran zakatnya namun sekarang alhamdulillah kita menempati urutan kedua di Banten," kata dia.

Aslie mengatakan, untuk 2018, pihaknya menargetkan jumlah ZIS sebanyak Rp 8 miliar. Baznas Kota Tangerang, kata dia, akan menerapkan sistem pay roll dan mengoptimalkan penerimaan zakat berbasis teknologi.

"Alhamdulillah sejak diluncurkan aplikasi Ayo Zakat sudah ada 3.000 pengguna yang aktif memanfaatkan aplikasi tersebut, ini juga telah menambah jumlah muzaki terutama dari kalangan generasi muda," ujar dia mengakhiri

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement