Senin 09 Oct 2017 15:30 WIB

Madrasah se-Banten Sumbang Rp 630 Juta Lewat Baznas

Rep: Muhyiddin/ Red: Agus Yulianto
Madrasah se-Provinsi Banten menyalurkan donasi yang terhimpun sebesar Rp 630.454.300 itu melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).
Foto: baznas
Madrasah se-Provinsi Banten menyalurkan donasi yang terhimpun sebesar Rp 630.454.300 itu melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepedulian terhadap sesama Muslim, ditunjukkan para siswa madrasah se-Provinsi Banten. Madrasah di provinsi ini menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya dengan menyalurkan donasi yang terhimpun sebesar Rp 630.454.300. Dana tersebut dikumpulkan untuk disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Ini luar biasa, patut kita apresiasi dan dijadikan teladan. Hanya dalam satu minggu bisa terkumpul dana Rp 630.454.300," ujar anggota Baznas, Emmy Hamidiyah di sela-sela penyerahan bantuan kemanusiaan Madrasah Peduli Rohingya di Kantor Kemenag Provinsi Banten, Serang, Senin (09/10).

Emmy menuturkan, Baznas sangat aktif dan telah lebih dahulu memberikan bantuan ke Rohingya di Bulan Ramadhan lalu. Bazbas saat itu mengirimkan tim dan sumbangan kemanusiaan melalui Baznas Tanggap Bencana (BTB).

Pada rapat koordinasi zakat nasional (Rakornas) 2017 pekan lalu yang digelar di Ancol, juga terkumpul bantuan yang sama Rp 3,5 miliar dengan rincian Rp 2 miliar dari Baznas Pusat dan Rp 1,5 miliar dari Baznas provinsi dan Baznas kabupaten/kota.

"Baznas aktif dalam penggalangan aksi-aksi kepedulian dan solidaritas kemanusiaan kepada dunia, seperti Program Peduli Gaza, Palestina, dan sebagainya," kata Emmy.

Menurut dia, kepedulian siswa terhadap para pengungsi etnis Rohingya ini menunjukkan bahwa madrasah telah sukses menumbuhkan kesadaran anak-anak untuk taat agama, berjiwa sosial, dan memiliki perhatian pada masalah-masalah kemanusiaan. "Semoga kegemaran berinfak para siswa madrasah ini, menjadi gaya hidup sampai mereka dewasa nanti," kata Emmy.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, Mahfudin menambahkan, terdapat 69 madrasah se-Provinsi Banten yang ikut berkontribusi dalam penggalangan dana kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement