Sabtu 07 Jan 2017 12:12 WIB

Rumah Zakat Kirim Kornet Korban Longsor Kuningan

 Relawan RZ (Rumah Zakat) Salurkan kornet Superqurban/ilustrasi
Foto: dok. Rumah Zakat
Relawan RZ (Rumah Zakat) Salurkan kornet Superqurban/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Lembaga sosial bukan pemerintah, Rumah Zakat, mengirimkan 400 kornet Superqurban untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi para korban bencana alam tanah longsor di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Alhamdulillah kita sudah melakukan penyaluran bantuan, saat ini kita masih fokus untuk membantu dapur umum dan keperluan utama warga. Hal ini karena masih banyak warga yang tinggal di pengungsian," kata Sukarelawan Rumah Zakat, Desi, melalui siaran pers di Bandung, Jumat (7/1).

Ia menuturkan, Rumah Zakat bukan hanya menyalurkan bantuan kornet Superqurban, tetapi memberikan kebutuhan pokok lainnya untuk membantu korban bencana longsor di Dusun Cimeong, Desa Cilayung, Kecamatan Ciwaru, Kuningan.

Bantuan tersebut, kata dia, merupakan penyaluran yang kedua setelah sebelumnya disalurkan 100 kornet saat pelaksanaan penanggulangan oleh sukarelawan Rumah Zakat. Sukarelawan Rumah Zakat, kata dia, masih melakukan aksi sosial seperti pemeriksaan kesehatan di lokasi bencana tersebut hingga satu pekan ke depan.

 

"Sore ini kami melaksanakan aksi siaga sehat untuk warga, karena banyak warga yang memerlukan cek kesehatan agar tidak terjangkit penyakit serius, selain itu banyak warga di pengungsian yang juga memerlukan obat-obatan," katanya.

Sebelumnya, longsor terjadi Sabtu 31 Desember 2016 yang sebelumnya diguyur hujan deras disertai angin.

Bencana tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, hanya merusak 19 rumah, dan jalan utama penghubung Desa Pamulihan dan Desa Tangkolo terputus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement