Rabu 04 Nov 2015 14:29 WIB

Ribuan Warga Aceh Barat Daya Terima Zakat PNS

Petugas merapikan kotak kupon tanda bukti penerimaan zakat infaq sedekah.
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Petugas merapikan kotak kupon tanda bukti penerimaan zakat infaq sedekah.

REPUBLIKA.CO.ID, BLANGPIDIE -- Sebanyak 4.250 lebih masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya kembali menerima zakat profesi yang bersumber dari pegawai negeri sipil (PNS). Zakat PNS tersebut selama ini dikumpulkan oleh Baitul Mall setempat.

Ketua Baitul Mall Aceh Barat Daya Muslizar di sela-sela penyerahan zakat secara simbolis di Blangpidie, Rabu (4/11) mengatakan, zakat yang akan disalurkan kepada 4.250 orang tersebut bersumber dari PNS yang berada di jajaran Pemkab Aceh Barat Daya. 

Ia merincikan, warga yang diberikan zakat infaq sedekah adalah masyarakat fakir, miskin, mualaf, guru di pesantren, guru tidak tetap yang berbakti di sekolah-sekolah. Begitu juga siswa miskin mulai SD, SMP dan SMA.

Muslizar mengatakan untuk fakir dan mualaf, masing-masing mendapatkan Rp 1 juta per orang. Sedangkan untuk kategori miskin mendapat Rp 600 ribu per orang, seperti petugas kebersihan, tukang parkir. "Sedangkan untuk para guru, siswa, diberikan sesuai kemampuan anggaran yang telah ditetapkan," katanya.

 

Dia menjelaskan lagi, ribuan masyarakat yang mendapat zakat profesi tersebut berada di sembilan kecamatan. Yakni Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan, Setia, Blangpidie, Susoh, Jumpa, Kuala Batee dan Kecamatan Babahrot.

"Sistem penyalurannya, kita turun langsung ke tiap kecamatan. Masyarakat kurang mampu yang berhak mendapatkan zakat kita temui dan kita berikan zakat ini, sebagaimana diperintahkan oleh Bupati Jupri Hassannuddin," katanya.

Penyerahan zakat profesi tersebut berlangsung di ruang lobi kantor bupati yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Aceh Barat Daya Erwanto, Dandim 0110 Letkol Inf Suhartono, Kapolres Abdya AKBP Hairajadi, dan Kejari Blangpidie.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement