Kamis 10 Sep 2015 20:43 WIB

Ikuti Ekspedisi Bhakesra, Baznas Salurkan Bantuan Produktif dan Konsumtif

Ambulan untuk Mustahik di Kabupaten Muna
Foto: Baznas
Ambulan untuk Mustahik di Kabupaten Muna

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Tim Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara (Bhakesra) 2015 yang berlayar dengan KRI Banda Aceh 593 telah mendarat di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara, Ahad (6/9). Tim BAZNAS segera menyerahkan satu unit mobil ambulans kepada BAZNAS Kabupaten Muna untuk dimanfaatkan melayani mustahik di pulau tersebut.

Ambulans diserahkan oleh Koordinator BAZNAS dalam Ekspedisi Bhakesra, Budi Setiawan kepada Bupati Muna, Dr. H Baharuddin, M.Kes. Ia menyatakan sangat senang dengan bantuan kendaraan pelayanan kesehatan dari para muzaki BAZNAS ini. Ambulans tersebut akan menjadi salah satu tumpuan untuk memenuhi kebutuhan pengobatan masyarakat Muna terutama yang tinggal di pelosok.

BAZNAS ikut ambil bagian dalam Ekspedisi Bhakesra 2015 dengan turut mengunjungi pulau-pulau di kawasan terluar, terpencil dan tertinggal (3T) dengan membawa berbagai program dan kegiatan bantuan yang tergabung dalam rangkaian acara Sail Tomini.

BAZNAS mengikuti Bhakesra dengan menyalurkan berbagai bantuan produktif dan konsumtif kepada masyarakat Sulawesi Tengah dan Tenggara senilai Rp 14 miliar. Bantuan tersebut antara lain meliputi bangunan Rumah Sehat BAZNAS, yakni layanan kesehatan gratis bagi warga kurang mampu yang akan didirikan di Kabupaten Parigi Moutong.

Selain itu disalurkan pula 5 unit ambulans dan mobil klinik untuk daerah pulau-pulau kecil dan daerah yang dilalui oleh ekspedisi Bhakesra yaitu Pulau Muna dan Pulau Wawoni di Provinsi Sulawesi Tenggara serta Pulau Banggai, Pulau Togean dan Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah.

Bantuan-bantuan itu ditujukan untuk peningkatan pelayanan kebutuhan bahan pokok sehari-hari, makanan, kesehatan, pendidikan, sosial dan sarana prasarana, penyuluhan, hiburan, dan penelitian potensi pulau-pulau tersebut.

Di kawasan Sulawesi Tengah dan Tenggara juga akan disalurkan bantuan pemberdayaan masyarakat pesisir seperti budidaya rumput laut, penangkapan ikan, budidaya ikan dan bantuan pemberdayaan untuk dimanfaatkan oleh pesantren. BAZNAS juga menyalurkan santunan berupa paket sembako dan alat-alat ibadah.

Ekspedisi Bhakesra 2015 dilaksanakan selama 28 hari. Dimulai 31 Agustus hingga 28 September 2015. Nilai bantuan yang dibawa ekspedisi ini mencapai Rp 165 miliar yang merupakan kontribusi bersama mitra pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat termasuk BAZNAS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement