Rabu 22 Apr 2015 18:30 WIB

Binaan Al Azhar Peduli Umat Panen Hortikultura Serentak

panen serentak KSM Al Azhar Peduli Ummat
Foto: Al Azhar Peduli Ummat
panen serentak KSM Al Azhar Peduli Ummat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mayarakat perlu terus dibantu dan diberikan bimbingan untuk bisa meningkatkan kesejahteraannya. Kali ini, Rabu (22/4) kelompok swadaya masyarakat (KSM) binaan Al Azhar Peduli Umat di desa gemilang yang tersebar di Sumatera hingga Nusa Tenggara kini sedang menikmati hasilnya.

Media Relation Al Azhar Peduli Umat Yeni Herliana mengatakan KSM ini sedang panen tanaman holtikultur seperti cabe, tomat, terong, pare, dll yang ditanam di halaman pekarangan rumah sangat melimpah hasilnya. Hasil panen buah holtikultur ini menjadi komoditi tabungan masyarakat dalam bentuk sayuran dan hasil bumi lainnya seperti kelapa, pisang, dan lain-lainnya.

Selanjutnya, simpanan masyarakat yang dinamai dengan Tabungan Gemah Ripah ini dikelola oleh kelompok di Saung Ilmu. Dia mencontohkan KSM di Desa Pelakat, Sumatera Selatan sedang panen kopi, daun bawang dan padi. KSM Jaya Amanah, Bandung panen ikan mas.

"Bayangkan berapa jumlah penurunan angka belanja keluarga? Ini tentu sangat menggembirakan dan berdampak langsung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat," kata dia.

 

Yeni mengatakan pendamping masyarakat sangat penting untuk membantu program ini. Dia menyebutkan, ada DASAMAS (Dai Sahabat Masyarakat) dan juga Relasimas (Relawan Sahabat Masyarakat) yang dengan telaten mendampingi masyarakat hingga berbuah manis.

Al Azhar Peduli Ummat memberikan bantuan mulai dari bibit hingga pupuk. Untuk pupuk organik, Al Azhar Peduli Ummat sudah memiliki rumah rabuk yang pengolahannya dilakukan secara swadaya dan mandiri oleh masyarakat dengan memaksimalkan kotoran hewan ternak dan limbah pertanian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement