Senin 30 Dec 2013 14:45 WIB

Jamaah Umroh di Tahun Baru Naik 30 Persen

Rep: m akbar/ Red: Maman Sudiaman
Jamaah haji sedang thawaf untuk umrah sunah. (ilustrasi)
Foto: Heri Ruslan/Republika Online
Jamaah haji sedang thawaf untuk umrah sunah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Momentum tahun baru ini juga berselaras dengan masa liburan sekolah. Tak heran, kata dia, peminat berumrah dalam satu rombongan keluarga juga meningkat. Walau tak mengantungi data detail berapa komposisi jumlah jamaah keluarga maupun perorangan namun ia sangat yakin momentum tahun baru dan liburan sekolah memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan jamaah umrah pada musim ini.

Fuad Hasan Masyur, ketua umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (AMPHURI) meneropong dengan penuh keyakinan, hingga tahun depan animo masyarakat untuk pergi umrah akan bisa meningkat pesat. Ia memproyeksi akan ada peningkatan sekitar 30 persen untuk jamaah umrah pada 2014. ''Peningkatan itu tentunya sudah mulai terlihat mulai Desember ini,'' kata dia, baru-baru ini.

Pendapat serupa juga diaminkan oleh Baluki Ahmad, ketua umum Himpunan Penyelenggara Umroh dan Haji (Himpuh). Ia yakin jumlah jamaah yang hendak umrah pada tahun ini akan lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. ''Saya memperkirakan pada 2014 ini akan bisa mencapai 800 ribu jamaah,'' katanya

Peningkatan jamaah umrah ini, kata Baluki, memang sudah mulai tampak sejak Desember ini. Bulan Desember tahun ini merupakan awal dari musim umrah 2014. Hingga awal tahun depan, kata Baluki, para pengelola travel umrah sudah mengalami kebanjiran calon jamaah. Ia memprediksi peningkatan terbesar kemungkinan terjadi sekitar Juni atau saat memasuki masa liburan sekolah. ''Tak ketinggalan juga pada bulan Ramadhan, jamaah umrah akan lebih banyak lagi,'' katanya.

Dengan adanya momentum tahun baru ini, Baluki dan Fuad meyakini para pengelola travel umrah tentunya sudah menyiapkan strategi memikat agar perayaan pergantian tahun menjadi lebih bermakna. ''Ini akan menjadi perayaan tahun baru yang memberi warna bagi kehidupan jamaah. Ini adalah pengalaman yang jarang didapat, tentunya,'' kata Baluki menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement