Ahad 07 Oct 2012 01:16 WIB

Seorang Calhaj Asal Aceh Meninggal di Makkah

Balai Pengobatan Haji Indonesia daerah kerja Makkah
Foto: Heri Ruslan/Republika
Balai Pengobatan Haji Indonesia daerah kerja Makkah

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH--Seorang calon haji (Calhaj) asal Aceh Samiah binti Hakim Deski (67) meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi sekitar pukul 20.15 WAS karena sakit.

Almarhum yang didiagnosa akut pulmonary embolism dengan gagal jantung kronis sempat dirawat di Madinah dan selanjutnya di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Mekkah sebelum menghembus napas terakhir.

Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banda Aceh, Sabtu mengatakan sesuai informasi dari tim medis yang ada di Arab Saudi, Calhaj asal Aceh Tenggara tersebut sejak tiba di Madinah dalam kondisi lemah.

"Almarhum sejak tiba di Madinah keadaannya lemah, tidak sanggup beraktivitas, nafsu makan menurun dan selanjutnya dirawat di BPIH Makkah," katanya.

Ia mengatakan setiba di BPHI Makkah pada siang hari kondisi beliau masih stabil, namun tiba-tiba kondisi drop setelah Magrib. Calhaj manifes 178 tersebut berangkat bersama dengan suaminya Djamidin bin Jatun ke Tanah Suci. Ia merupakan Calhaj yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) tiga Embarkasi Banda Aceh.

Darwin mengatakan Samiah merupakan Calhaj Jamah haji pertama Embarkasi Banda Aceh yang meninggal di Tanah Suci pada musim haji 1433 Hijriah.

Pada musim haji 2012, Embarkasi Banda Aceh memberangkatkan sebanyak 3.927 calon haji yang tergabung dalam 12 kelompok terbang melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar menuju Arab Saudi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement