Kamis 21 Aug 2014 15:19 WIB

Antrean Haji di Lombok Hingga 2017

Red: M Akbar
Praktik manasik haji.
Foto: Republika/Tahta Aidilla/ca
Praktik manasik haji.

REPUBLIKA.CO.ID, GERUNG -- Daftar antrean calon haji di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (ntb), sudah mencapai 10.305 orang dan diperkirakan habis diberangkatkan pada 2017.

"Warga yang mendaftar tahun ini untuk berangkat menunaikan ibadah haji harus menunggu pemberangkatan hingga 14 tahun," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Barat H Muslim, di Gerung, ibu kota Kabupaten Lombok Barat, Kamis (21/8).

Dari total 10.305 orang calon haji yang masuk daftar tunggu, kata dia, sebanyak 389 orang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah pada musim haji 2014. Calon haji dari Kabupaten Lombok Barat dibagi dalam dua kelompok terbang (kloter) campuran, yakni kloter enam dan kloter 11.

Kloter enam terdiri atas 95 orang calon haji yang seluruhnya berasal dari Kabupaten Lombok Barat, dan akan berangkat bersama calon haji dari Kabupaten Lombok Tengah. Sementara kloter 11 sebanyak 294 calon haji asal Kabupaten Lombok Barat yang akan bergabung dengan calon haji dari Kota Mataram.

"Seluruh calon haji yang akan berangkat tahun ini sudah mulai mengikuti rangkaian manasik haji, baik di tingkat kecamatan maupun di Asrama Haji Nusa Provinsi NTB," ujarnya.

Seluruh calon haji yang akan diberangkatkan tahun ini, kata dia, rata-rata berusia di atas 40 tahun dan di bawah 70 tahun. Mereka sudah melakukan kontrol kesehatan secara rutin sesuai dengan anjuran dari panitia penyelenggara ibadah haji.

Petugas medis juga sudah memberikan vaksin untuk mencegah calon haji terkena virus ketika menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah. "Kami juga sudah mengimbau seluruh calon haji yang akan berangkat tahun ini untuk mematuhi segala tata tertib dan menjaga kesehatan agar nantinya bisa menunaikan rukun haji dengan lancar," ujar Muslim.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement