Kamis 18 Oct 2012 16:53 WIB

Alat Pemasak Air Terbakar, Jamaah Berhamburan Keluar Pemondokan

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH – Ratusan jamaah calon haji Indonesia yang menginap di pemondokan 909 Sektor IX wilayah Misfalah panik dan berhamburan menyelamatkan diri, Rabu (17/10) pukul 16.30 waktu Arab Saudi.

Mereka berlarian keluar pemondokan setelah mendengar alarm tanda kebakaran menyala. Pemondokan 909 nyaris kebakaran setelah seorang jamaah di lantai 10 kelupaan mencabut alat pemasak air yang digunakannya.

‘’Tak ada kebakaran, hanya ada jamaah yang lupa mematikan alat pemasak air,’’ ujar Ketua Sektor IX, Isbir Fadli Soeaidy kepada wartawan di lokasi kejadian.  Alat pemasak air listrik itu mengeluarkan asap dan bau hangus akibat terbakar, sehingga alarm pemadam kebakaran berbunyi.

M Yusuf, seorang jamaah yang menginap di lantai 3 pemondokan 909, menuturkan, suasana sempat mencekam ketika mendengar sejumlah jamaan berteriak-teriak ada kebekaran. ‘’Saya langsung menyelamatkan diri sambil membawa tiga koper dan tas gendong,’’ ujarnya.

Jamaah asal Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur itu mengatakan banyak jamaah yang menyelamatkan diri sambil membawa koper. ‘’Bahkan, ada jamaah yang tak bisa jalan, mendadak bisa berjalan saat mendengar ada gedung kebakaran,’’ kata dia.

Namun, kata M Yusuf, jamaah tersebut kembali tak bisa berjalan setelah mengetahui peristiwa kebakaran itu tak terjadi. Saat Republika ke pemondokan 909, sejumlah jamaah masih memilih duduk di luar karena masih kaget.

Ketua Sektor IX, Isbir Fadli Soeaidy menambahkan, peristiwa serupa juga terjadi sehari sebelumnya terjadi di pemondokan 903.  Di pemondokan itu, sejumlah jamaah juga lari berhamburan keluar pemondokan setelah mendengar bunyi alarm kebakaran berbunyi.

‘’Ternyata bukan karena kebakaran, tetapi ada jamaah yang merokok di dalam kamar,’’ tutur Isbir.  Agar peristiwa itu tak terulang lagi, pihaknya kembali mengingatkan jamaah calon haji agar tak memasak di dalam kamar tidur dan tak merokok dalam kamar.

Sebenarnya, kata dia, jamaah sudah diingatkan. Bahkan, kata dia, di berbagai tempat telah dipasang larangan untuk memasak di dalam kamar tidur dan merokok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement