Kamis 04 Oct 2012 18:30 WIB

Kecewa Layanan Bus Abu Sarhat, Pemerintah Indonesia Layangkan Protes

Rep: Heri Ruslan dari Makkah/ Red: Heri Ruslan
Jamaah calon haji Indonesia baru tiba di Makkah, setelah menempuh tujuh jam perjalanan dari Madinah.
Foto: Heri Ruslan/Republika
Jamaah calon haji Indonesia baru tiba di Makkah, setelah menempuh tujuh jam perjalanan dari Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID,  MAKKAH –- Pemerintah Indonesia melayangkan surat protes kepada Kementerian Haji Arab Saudi menyusul buruknya layanan perusahaan angkutan Abu Sarhat yang mengangkut jamaah haji dari Madinah ke Makkah, Kamis (4/10).

Ketua Misi Haji Indonesia Syaerozi Dimyati, mengatakan, pemerintah Indonesia keberatan karena beberapa bus yang membawa jamaah dari Madinah ke Makkah berukuran kecil sehingga koper jamaah tidak terbawa.

“Ada sekitar 400 koper jamaah yang terpaksa ditinggal karena busnya kecil dan hanya bisa mengangkut jamaah saja," kata Syaerozi.

Akibatnya, Kantor Misi Haji Indonesia terpaksa menyewa bus khusus untuk membawa koper tersebut agar jamaah bisa menerimanya segera setelah tiba di Makkah.

Dalam surat protes itu, pemerintah Indonesia meminta agar perusahaan transportasi Abu Sarhat dicoret dan tak lagi melayani jamaah haji Indonesia.

Sebelumnya, Kepala Daerah Kerja Makkah, Arsyad Hidayat juga telah melayangkan protes kepada Muasasah Asia Tenggara terkait tercecernya tas dan koper jamaah haji Indonesia. 

Arsyad mengatakan, pihaknya mendesak agar Muasasah Asia Tenggara menegur keras perusahaan Abu Sarhat karena telah melanggar kesepakatan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement