Ahad 27 Nov 2011 13:06 WIB

1 Desember, Makkah 'Bersih' dari Jamaah Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH - Seluruh jamaah haji Indonesia akan meninggalkan Makkah pada 1 Desember sehingga pada tanggal itu tidak ada lagi jamaah yang masih berada di kota suci tersebut.

"Pada saat itu diharapkan sudah tidak ada lagi jamaah haji Indonesia di kota Mekah karena sudah bergerak ke Madinah atau Jedah untuk kembali ke Tanah Air," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekah Arsyad Hidayat di Mekah, Ahad (27/11).

Menurutnya, sampai saat ini masih ada puluhan ribu jamaah Indonesia yang berada di Mekah dan mereka menunggu keberangkatan ke Madinah untuk Arbaik dan ada yang menunggu keberangkatan ke Jedah untuk pulang ke Indonesia.

Jamaah haji Indonesia yang saat ini berada di Mekah dan mau pulang adalah jamaah yang datang ke Arab Saudi masuk dalam gelombang II dan mereka sudah ke Madinah sebelumnya untuk ARbain.

 

Sementara jamaah Indonesia yang akan ke Madinah adalah masuk dalam gelombang kedua dan sebelumnya belum Arbain.

Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama menunjukkan hingga Minggu (27/11) pukul 07.26 waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul 11.26 WIB, jamaah haji Indonesia yang masih ada di Mekah sebanyak 28.582 orang dan di Madinah 54.649 orang.

"Kita upayakan tidak ada jamaah haji Indonedia yang tertinggal menjalankan ibadah dan seluruhnya bisa terangkut dan kembali ke Tanah Air," kata Asryad.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement