Selasa 04 May 2010 05:54 WIB

Setoran Awal ONH Mulai Naik

PALEMBANG--Setoran awal ongkos naik haji ke bank yang ditunjuk mulai Senin naik dari Rp20 juta menjadi Rp25 juta per calon haji. Kepala Bidang Haji Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel Drs H Udin Djuhan di Palembang kepada ANTARA mengatakan, pihaknya baru menerima surat edaran dari Kementerian Agama yang menyebutkan bahwa setoran awal ongkos naik haji mulai naik.

Dalam surat itu disebutkan bahwa setoran awal bagi calon haji reguler mulai 3 Mei menjadi Rp25 juta, yang sebelumnya hanya Rp20 juta. Lebih lanjut dia mengatakan, sementara calon haji yang khusus bila ingin menunaikan rukun Islam ke Tanah Suci setoran awalnya sebesar 4.000 dolar Amerika Serikat.

Menurut dia, untuk setoran haji khusus sebelumnya hanya 3.000 dolar Amerika Serikat. Kenaikan ONH itu tidak lain untuk mengantisipasi jumlah calon haji setiap tahun yang selalu meningkat sehingga perlu pembatasan, ujar dia.

Minat masyarakat untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut sangat besar termasuk di Sumsel. Sekarang sudah terdaftar calon haji sebanyak 35 ribu orang lebih sehingga mereka terpaksa menunggu giliran.

Dikatakannya, giliran untuk menunaikan haji kemungkinan bisa sampai pada pemberangkatan 2015 karena kuota haji Sumsel setiap tahun berkisar 6.300 hingga 6.500, tambah dia.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement