Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Rumah Zakat Bantu Lunasi Biaya Sekolah Endang

Rabu 15 May 2019 05:00 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Rumah Zakat memberikan bantuan melalui program Ramadhan Bebas Utang kepada Endang Kurniawan.

Rumah Zakat memberikan bantuan melalui program Ramadhan Bebas Utang kepada Endang Kurniawan.

Foto: rumah zakat
Endang memiliki tanggungan di sekolah sehingga ijazahnya ditahan.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Rumah Zakat memberikan bantuan melalui program Ramadhan Bebas Utang kepada Endang Kurniawan. Endang Kurniawan (18 th) adalah seorang pelajar  yang bertempat tinggal dirumah panggung yang sederhana. Dia tinggal bersama ibu dan kakanyanya di Kampung Pasir Kakapa  RT 016/003 Desa Cikeusal, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang.

Endang kini duduk di kelas 12 Madrasah Aliyah Negeri Cikeusal dan pernah mendapatkan juara  ke 3 bola voli antar pelajar  SMA sekecamatan Cikeusal. Dia bercita-cita ingin menjadi pengusaha ini agar bisa membantu keluarga dan kehidupannya bisa menjadi lebih baik. Kondisi ekonomi yang serba kekurangan tidak menghalangi keinginan Endang untuk terus melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi.

Ibu Ersih (64 th) orang tua dari Endang seorang buruh tani  disawah atau ladang milik orang lain yang berpengahsilan Rp 15 ribu/harinya. Sejak suaminya meninggal dunia 4 tahun silam, Ersih harus menjadi tulang punggung keluarga.

Meskipun diusianya yang sudah tidak muda lagi, dia tetap melakoni profesinya menjadi buruh tani, semangat untuk terus mencari nafkah yang halal untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga. Dia bertekad Agar anak-anaknya terus bisa melanjutkan sekolah.

Baca Juga

photo

Rumah Zakat memberikan bantuan melalui program Ramadhan Bebas Utang kepada Endang Kurniawan.


Bantuan yang diberikan Rumah Zakat kepada Endang untuk pendidikannya membuat Ersih terharu. Ersih mengaku sangat bahagia. Sebab, Ersih merasa tidak sanggup membayar biaya pendidikan Endang untuk ikut ujian dan untuk menebus ijazah anaknya disekolah.

“Alhamdulillah ada donatur yang bisa membantu melunasi semua hutang anak saya di sekolah," ujarnya.

Sementara itu, Abdul Latif kepala sekolah madrasah Aliyah Cikeusal mengaku sangat bersyukur dengan adanya program Ramadhan Bebas utang. Program ini bisa membantu orang-orang yang tidak mampu, apalagi yang kami tahu Endang adalah siswa yang tergolong tidak mampu.

"Kami berharap dengan adanya program ini bisa memberikan motivasi lebih kepada Endang untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi yang dia inginkan. Meskipun kondisi ekonominya kurang mampu, insyaallah saya yakin dan percaya Allah SWT pasti memberikan jalan kepada orang yang ikhlas menurut ilmu," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA