Selasa 26 Feb 2019 09:48 WIB

Rumah Zakat Hadirkan Layanan Kesehatan Bagi Lansia

Lansia sudah jarang sekali hadir di Posyandu karena keterbatasan fisik.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Pelayanan kesehatan dari Rumah Zakat kepada para lansia di Desa  Berdaya Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY, Ahad (24/2).
Foto: rumah zakat
Pelayanan kesehatan dari Rumah Zakat kepada para lansia di Desa Berdaya Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY, Ahad (24/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Rumah Zakat menebar kebahagiaan kepada para penerima manfaat lanjut usia (lansia). Langkah itu dilaksanakan melalui Relawan Inspirasi Desa Berdaya Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY.

Pada kesempatan ini, sebanyak 21 lansia penerima manfaat memperoleh penyuluhan dan layanan kesehatan. Kunjungan dilakukan karena banyak lansia yang jarang hadir dalam Posyandu Lansia di padukuhan-padukuhan.

Baca Juga

Seorang Relawan Inspirasi, Tias Widyaningrum mengatakan, mereka bergerak sejak pukul 08.00 pagi hingga menjelang Dzuhur. Ia mengaku, banyak hal-hal baru yang mereka temui ketika silaturahim ke rumah-rumah para lansia.

"Mereka sudah jarang sekali hadir dalam Posyandu Lansia yang diselenggarakan padukuhan karena kondisi fisik dan kesehatan mereka yang tidak memungkinkan melakukan aktivitas di luar rumah," kata Tias, Selasa (26/2).

Layanan kesehatan sendiri terdiri dari cek tensi, gula darah, asam urat dan kolesterol. Beberapa lansia yang dikunjungi menderita sejumlah penyakit mulai stroke, kanker kelenjar getah bening hingga katarak.

Salah satu warga yang mendampingi orang tuanya mendapatkan layanan kesehatan, Nana, mengungkapkan terima kasihnya atas kegiatan tersebut. Nana, yang penuh kesabaran merawat ayahnya yang sakit berharap kegiatan itu bisa rutin digelar.

"Semoga kegiatan ini dapat berlanjut pada bulan-bulan berikutnya," ujar Nana.

Rumah Zakat sendiri melalui program Ramah Lansia rajin memberikan pembinaan dan pelayanan kesehatan ke desa-desa berdaya. Hal itu dilakukan melalui penyuluhan lansia dan keluarga mengenai kualitas hidup dan produktivitas lansia.

Banyak penerima manfaat mengharapkan pelayanan terhadap lansia dapat rutin dilaksanakan. Sehingga, akan terwujud lansia yang sehat dan hadir dukungan pemangku kebijakan dan partisipasi terhadap program Ramah Lansia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement