Rabu 28 Nov 2018 01:13 WIB

Bank Sampah Desa Berdaya Ubah Sampah Jadi Rupiah

Hasil penjualan bank sampah menghasilkan uang.

Bank sampah Desa Berdaya.
Foto: Rumah Zakat
Bank sampah Desa Berdaya.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Bank Sampah Bhakti Karya yang berada di lingkungan Puhun RT 06 RW 03 Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan adalah salah satu program Rumah Zakat di bidang lingkungan yang diinisiasi oleh fasilitor Desa Berdaya Sukamulya. Kegiatan Bank Sampah ini rutin dilaksanakan setiap satu minggu sekali di mana warga menyetorkan sampah untuk ditabungkan di Bank Sampah.

Pada pekan kemarin terkumpul sebanyak 173 kg sampah yang layak dijual. "Alhamdulillah, pada bulan ini hasil penjualan sampah mendapatkan 657 ribu rupiah dari empat kali penimbangan," ujar Fasilitator Desa Berdaya Sukamulya, Uci, seperti dalam siaran persnya.

Serta untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan indah fasilitator bekerja sama dengan Ketua RT 06 beserta warga melakukan pengecatan pada dinding dan pagar rumah warga serta menanam tanaman di depan rumah warga seperti cabe, seledri dan daun bawang.

"Saya selaku ketua RT 06 mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Zakat yg telah memberikan dukungan dan bantuannya kepada kami," tutur Otong, selaku ketua RT 06.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement